Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK

Pemkab HSS Siapkan Tanah Pemindahan Rutan Kelas II B Kandangan

- Apahabar.com Kamis, 3 Juni 2021 - 19:28 WIB

Pemkab HSS Siapkan Tanah Pemindahan Rutan Kelas II B Kandangan

Penandatanganan nota kesepahaman Bupati HSS dan Kepala Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel). Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Menanggapi kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kandangan yang over kapasitas, Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) menyiapkan tanah untuk lokasi baru.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan persoalan warga binaan di dalam Rutan Kandangan telah menjadi perhatian serius bagi Pemkab.

“Kami sudah ada pembicaraan dengan Kepala Rutan Kandangan. Tanah pun sudah disiapkan. Namun lokasinya masih menjadi pembicaraan,” kata Achmad Fikry, Kamis (3/6).

Hal ini disampaikan Bupati HSS setelah menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan di aula Hotel Qianna In Kandangan.

MoU yang ditanda tangani tersebut berkaitan dengan pembentukan pelayanan, pengembangan budaya hukum, pembinaan permasyarakatan serta penghormatan dan pemenuhan Hak Asasai Manusia (HAM) di wilayah HSS.

“Kami merasa sangat terbantu karena pada akhirnya nanti, segala peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang di atasnya,” ucap Achmad Fikry.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto, menambahkan kesepakatan bersama bertujuan guna pengembangan pembangunan hukum supaya kabupaten tidak bertentangan dengan yang ada di tingkat provinsi hingga pusat.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa Kemenkumham bertanggung jawab untuk membangun perkembangan hukum di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan tujuan lainnya yakni untuk mewujudkan produk hukum daerah yang berkualitas, tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan kesusilaan.

Meningkatkan peran perancang peraturan perundang-undangan dalam setiap tahapan pembentukan di daerah, dan mewujudkan sumber daya manusia profesional yang memiliki kompetensi bidang hukum.

Terkait persoalan warga binaan di dalam Rutan Kandangan, Tejo Harwanto mengatakan kondisi Rutan Kandangan over kapasitas akibat banyaknya warga binaan yang tinggal di sana.

“Kondisi sekarang sangat sumpek, sehingga bangunan Rutan Kandangan perlu mendapat perhatian untuk dilakukan pembenahan,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

HSS

Wakil Bupati Buka Musrenbang Kecamatan Padang Batung Tahun 2022
apahabar.com

HSS

Amandit Aquatic Center HSS Segera Diresmikan
apahabar.com

HSS

Meriahnya Senam Ceria Bersama Bawaslu HSS
apahabar.com

HSS

Sempat Rusak karena Karhutla, SMPN Daha Barat HSS Miliki Ruang Kelas Baru
apahabar.com

HSS

Pawai Obor Tandai Napak Tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV 2019 Dimulai
apahabar.com

HSS

Wisuda dan Tasyakuran Ponpes Darul Amien
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Kucurkan Bantuan untuk Kebakaran di Amawang Kiri
apahabar.com

HSS

Dandim 1003 Kandangan Bagi-bagi Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com