Sopir PT BKB Ditemukan Tewas di Tapin, Diduga Korban Pembunuhan Duh, Nelayan Dirgahayu Kotabaru Lenyap di Perairan Samber Gelap Rujuk Ditolak! Pemuda di Kelua Tabalong Jambret Ibu Muda Viral, Foto Anji Tersenyum Usai Ditangkap Polisi karena Narkoba Bawa Timnas Brasil Sikat Venezuela, Neymar Ancam Pele

Pemprov Kalsel Perkenalkan Aplikasi Srikandi Secara Daring

- Apahabar.com Jumat, 11 Juni 2021 - 20:02 WIB

Pemprov Kalsel Perkenalkan Aplikasi Srikandi Secara Daring

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar dan Kadis Persip Kalsel, Hj Nurliani. Foto- Humas Pemprov Kalsel for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Sebuah terobosan dilakukan Pemprov Kalsel melalui aplikasi Srikandi yang baru saja diperkenalkan.

Aplikasi Srikandi atau Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) merupakan hasil kolaborasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Jumat (11/6/2021), sosialisai Aplikasi Srikandi digelar secara virtual di Command Centre Banjarbaru.

Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar mengapresiasi lahirnya aplikasi Srikandi ini.

Roy bilang, perkembangan teknologi informasi dengan kecepatannya di era digital telah membawa dampak begitu besar di beragam sendi kehidupan.

Perubahan ini menuntut tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik untuk terus beradaptasi dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal tata kelola kearsipan.

“Tata kelola kearsipan harus terus mengikuti perkembangan zaman dan melakukan perubahan utamanya dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam memasuki era disruptif kita dituntut melakukan perubahan cepat,” katanya.

Sosialisasi aplikasi Srikandi ini kata Roy merupakan salah satu cerminan menyatukan langkah dalam memajukan kearsipan di era digital.

“Dalam aplikasi Srikandi, setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” tambahnya.

Melalui sosialisasi ini, Roy berharap dapat mendorong dan memotivasi bagi setiap SKPD, untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola arsip melalui pemanfaatan aplikasi.

Sementara Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada seluruh SKPD beserta UPT mengenai pemanfaatan aplikasi Srikandi.

“Ini bertujuan agar dapat mewujudkan pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan yang dinamis, berkualitas dan terpercaya, serta terintegrasi,” ungkapnya.

Aplikasi ini pada dasarnya merupakan integrasi antara pengelolaan arsip dinamis secara instansional berbasis digital melalui aplikasi SIKD dan terintegrasi secara nasional pada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

“Kita bersyukur, sosialisasi ini juga banyak diikuti oleh peserta lainya, seperti dari instansi vertikal yang ada di Kalsel, serta LKD dan Instansi Vertikal seluruh Indonesia,” tuntasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Kepada OJK, Disbunak Kalsel Beber Langkah Lindungi PUPP di Tengah Pandemi

Pemprov Kalsel

Sambut Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, DLH Kalsel Bersih-bersih Sungai
Sejuta Pohon

Pemprov Kalsel

Tanam Sejuta Pohon, Safrizal: Setelah Ditanam Harus Dikontrol
Banjarmasin

Pemprov Kalsel

Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok
Pj Gubernur

Pemprov Kalsel

Putus Penularan Covid-19, Pemprov Kalsel Serahkan 5 Ribu Rapid Antigen untuk Banjar

Pemprov Kalsel

PPKM Mikro Kalsel, Lebih 1.500 Posko Tingkat Desa Terbentuk
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sambut Ramadan, Pemprov Kalsel Launching Pasar Murah ‘Door To Door’
Assiten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan, Syaiful Azhari. Foto-Humas Pemprov

Pemprov Kalsel

Jokowi Tekankan Percepatan Realisasi Belanja Pemerintah, Pemprov Kalsel: Masih Rendah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com