Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Masih Dibuka

- Apahabar.com Senin, 7 Juni 2021 - 09:36 WIB

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Masih Dibuka

Program Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka pada Sabtu (5/6). Foto-ANTARA/Aditya Pradana Putra

apahabar.com, JAKARTA – Program Kartu Prakerja gelombang 17 resmi dibuka pada Sabtu (5/6) lalu. Untuk mereka yang belum mendaftar Kartu Prakerja masih bisa mengajukan aplikasi melalui situs https://prakerja.go.id.

“(Pendaftaran Kartu Prakerja) gelombang 17 dibuka hari ini (Sabtu) jam 12.00 WIB,” ungkap Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu melalui pesan singkat, kutip apahabar.com dari CNN Indonesia.

Di situs resmi tersebut, untuk Anda yang belum membuat akun, klik tombol ‘buat akun’ dan ikuti langkah-langkah yang tertera. Kemudian, masukkan data diri seperti nomor Kartu Keluarga, nomor induk kependudukan (NIK), dan data diri lainnya sesuai dengan petunjuk di layar.

Langkah selanjutnya, siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara daring. Lalu, klik ‘gabung’ pada gelombang yang sedang dibuka. Setelahnya, Anda tinggal menunggu pengumuman yang akan dikirimkan lewat SMS.

Louisa menyebut pada gelombang ini kuota yang disediakan sebanyak 44 ribu. Jumlah ini diambil untuk memulihkan kepesertaan yang sempat dicabut/gugur pada gelombang 12 hingga 16.

Diketahui, bagi peserta yang tidak membeli pelatihan setelah 30 hari setelah menerima saldo di dashboard akan dicabut manfaatnya dan diberikan kepada pendaftar lain.

Langkah tersebut merupakan mandat dari Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Aturan itu menyatakan apabila dalam 30 hari usai menerima uang pelatihan Kartu Prakerja peserta belum membeli pelatihan pertama, maka status kepesertaannya dicabut.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program besutan Presiden Joko Widodo yang dibuat dalam rangka mendorong masyarakat yang menganggur dan belum punya keterampilan mengikuti pelatihan dan pembinaan.

Jika memenuhi syarat tertentu dan mengikuti pelatihan dan pembinaan yang disediakan oleh program tersebut, maka peserta bakal diberikan insentif berupa uang.

Untuk semester pertama tahun ini, pemerintah mengalokasikan Rp10 Triliun untuk dana Kartu Prakerja.
Syarif

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Massa Aksi 1812

Nasional

Kerahkan Kendaraan Taktis, Polisi Bubarkan Massa Aksi 1812

Nasional

Begini Kronologi Layangan Menyangkut di Roda Citilink Rute Yogya
Peretas

Nasional

Cara Mengetahui Data Pribadi Bocor, Begini Tips Proteksi
apahabar.com

Nasional

Iran Tolak Tuduhan AS Berada di Balik Serangan Minyak Saudi
apahabar.com

Nasional

4 Kali Gugurkan Lava, Status Gunung Merapi Waspada
Jurnalis Lingkungan dari AS Ditangkap di Palangkaraya

Nasional

Jurnalis Lingkungan dari AS Ditangkap di Palangkaraya

Nasional

AP II Kawal Pengetatan Perjalanan Penerbangan Domestik Mulai Hari Ini
apahabar.com

Nasional

Penasaran, Anjing Makan Sekantung Heroin yang Dikubur di Taman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com