BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing

Perkuat Sinergisitas, Bupati Balangan Teken MoU dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel

- Apahabar.com Selasa, 1 Juni 2021 - 12:05 WIB

Perkuat Sinergisitas, Bupati Balangan Teken MoU dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel

Bupati Balangan Abdul Hadi menandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto, Senin (31/5) kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, Abdul Hadi menandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Penandatanganan dilakukan dengan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kanwil Kemenkumham Kalsel), Tejo Harwanto, Senin (31/5) kemarin.

Tujuan nota kesepakatan ini untuk mewujudkan peraturan daerah yang serasi, harmonis, dan tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Kemudian mewujudkan produk hukum daerah yang berkualitas serta tidak bertentangan dengan kepentingan umum yang lebih luas.

Tejo Harwanto mengatakan untuk mewujudkan SDM yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang pembentukan pelayanan hukum dan HAM, perlu adanya peningkatan pelayanan keimigrasian dan pelayanan pemasyarakatan.

“Dalam peraturan perundang-undangan disebutkan bahwa setiap kabupaten/kota wajib memiliki setidaknya satu macam satuan kerja pemasyarakatan, entah itu rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan atau balai pemasyarakatan,” ujar Tejo.

Sementara Abdul Hadi mengungkapkan Balangan memiliki pengalaman kasus raperda yang tidak sesuai dengan peraturan yang lebih tinggi, yaitu raperda inisiatif DPRD tentang Kelembagaan Masyarakat Adat.

“Hingga saat ini, raperda tersebut masih terkatung-katung,” katanya.

Mantan Wakil Katua DPRD Balangan periode 2019-2024 berharap melalui kerjasama ini masyarakat Balangan akan lebih familier dengan layanan hukum, seperti halnya masyarakat familier dengan layanan kesehatan dan pendidikan.

“Insyaallah nanti kami akan menyurati Kanwil Kemenkumham Kalsel agar membuka layanan keimigrasian di Balangan,” imbuhnya.

Balangan siap memfasilitasi dengan bangunan kantor di lokasi yang strategis.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Plt Gubernur dan Tim Satgas Covid-19 Pemprov Kalsel Kunjungi Balangan
Dinas Sosial

Balangan

Kurangi Angka Pengangguran, Dinas Sosial Balangan Bina Anak Putus Sekolah
Dinkes

Balangan

Dinkes Balangan Survei Kualitas Air Minum Rumah Tangga
Anggota Satpol PP memberikan masker saat melakukan giat penerapan prokes Covid-19 di Tabalong. Foto-Istimewa

Balangan

Giat Penerapan Prokes Covid-19 Balangan Terus Dilakukan
apahabar.com

Balangan

Tanam Pohon, Dinas Pendidikan Balangan Ikut Bangun Ekosistem Hutan
Haniyung

Balangan

Kelompok Tani Pulau Haniyung Berhasil Budidayakan Jamur Merang
apahabar.com

Balangan

DPRD dan Pemkab Balangan Sepakati Rancangan Perubahan KUA-PPAS 2020
apahabar.com

Balangan

Pilkada Balangan: Ansharuddin-Iswan (ANIS) Paslon Nomor Urut 2 Tampung Aspirasi Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com