Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

Persiapan Pembentukan Puskesos di Kapuas Disosialisasikan

- Apahabar.com     Jumat, 25 Juni 2021 - 22:17 WITA

Persiapan Pembentukan Puskesos di Kapuas Disosialisasikan

Sosialisasi persiapan pembentukan Puskesos-SLTR yang berlangsung di aula Kantor Dinas PMD Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi persiapan pembentukan pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) dan sistem layanan rujukan terpadu (SLRT) di daerah setempat, Jumat (25/6).

Sosialisasi Puskesos-SLRT tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan dan dihadiri Kepala Sub Rujukan, Terminasi dan Evaluasi Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Luluk Sugianto.

Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan, mengatakan Kabupaten Kapuas merupakan satu dari 140 kabupaten/kota di Indonesia yang ditunjuk jadi pilot projek pusat kesejahteraan sosial sistem pelayanan rujukan terpadu.

“Puskesos SLRT fungsi utamanya sendiri adalah untuk memberikan informasi, melayani keluhan, pengaduan dan juga melayani hal-hal yang diinginkan masyarakat terkait dengan penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” katanya.

Budi bilang, di Kabupaten Kapuas sendiri terdapat satu kelurahan dan satu desa yang disiapkan sebagai lokasi Puskesos yaitu Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat dan Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.

“Kelurahan Selat Dalam sudah memiliki Program Patuh Salam sebagai cikal bakal terkoneksi dengan Puskesos-SLRT. Sedangkan Desa Saka Lagun, pemerintah desanya sangat aktif untuk verifikasi dan validasi data DTKS pada 2020,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sub Rujukan, Terminasi dan Evaluasi Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Luluk Sugianto mengatakan, Puskesos adalah jembatan bagi warga yang membutuhkan dan sistem sumber yang bisa memberikan layanan.

“Termasuk juga kemudahan mekanisme dan kemudahan administrasi akan diberikan Puskesos kepada warga untuk mendapatkan layanan kesejahteraan sosial dasar,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Gelar Rakor Bahas Proyek IFISH
Disdik Kapuas

Pemkab Kapuas

Jelang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Intip Kesiapan Disdik Kapuas
Pemkab Tala

Pemkab Kapuas

Jalin Silahturami, Wabup Kapuas Sambangi Pemkab Tala
Posko PPKM

Pemkab Kapuas

Aktifnya Posko PPKM Diharapkan Dapat Tekan Penyebaran Covid-19 di Kapuas

Pemkab Kapuas

Prajurit TNI Kodim 1011/Kapuas Tingkatkan Kemampuan Menembak
Dinas Perikanan Kapuas

Pemkab Kapuas

Dinas Perikanan Kapuas Saluran Puluhan Ribuan Benih Ikan Lele

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Pimpin Apel Operasi Yustisi Tim Pemburu Covid-19
Pancasila

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Keluarkan Edaran Peringatan Hari Lahir Pancasila
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com