Cuaca Kalsel Hari Ini: Cerah Berawan, BMKG Minta Waspada Karhutla! Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini POPULER SEPEKAN: Pilgub Kalsel Berakhir, ‘Musuh Harat’ LAPAN Ungkap Fenomena Matahari Memutih Sebab Suhu Dingin Indonesia PPKM Level IV, Sejumlah Cafe hingga Rumah Makan di Banjarmasin Didatangi Petugas

Polri Bakal Tertibkan Pinjaman Online Ilegal

- Apahabar.com     Jumat, 18 Juni 2021 - 15:38 WITA

Polri Bakal Tertibkan Pinjaman Online Ilegal

Ilustrasi pinjol. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Polri berencana memberantas pinjaman online atau pinjol ilegal. Pedoman penertiban sedang dibahas oleh Kabareskrim.

Hal itu disampaikan, Wakil Direktur Tipideksus Kombes Whisnu Hermawan Februanto. Dia mengatakan surat telegram yang berisikan mekanisme penertiban pinjaman online bodong tengah digodok oleh Kabareskri

“Pak Kabareskrim telah mengirimkan telegram ke seluruh jajaran Polri Indonesia untuk mengungkap perkara pinjol yang ilegal,” kata Whisnu dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Whisnu menyampaikan, pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berjumlah 1.700 pinjaman online. Sementara itu, dia menduga masih ada 3.000 pinjol ilegal atau yang tak terdaftar resmi oleh negara.

Rugikan Korban Menurutnya, kasus pinjaman online tersebut menjadi sorotan lantaran kerap banyak korban yang mengalami kerugian materil hingga non materil.

“Ada beberapa korban yang hanya meminjam uang beberapa ribu saja, kemudian diteror dengan foto-foto yang vulgar dengan menginformasikan ke teman-temannya, keluarganya, bahkan sampai ada yang stres akibat pinjaman yang tidak benar ini,” ujar dia, kutip apahabar.com dari Liputan6.com.

Dia memastikan pihak kepolisian akan terus memburu pinjol-pinjol ilegal yang melakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum. Dia meminta para korban juga dapat melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

“Silakan laporkan kepada polisi terdekat. Karena semua reserse yang ada di Indonesia ini sudah paham dan memahami dengan arahan Kabareskrim terkait pengungkapan kasus pinjol tersebut. Sehingga mudah-mudahan kasus ini tidak ada lagi dan Polri bisa mengungkap sebanyak-banyaknya perkara tersebut,” tandas dia.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Vaksinasi Covid-19 Tahap Ketiga Dimulai, Lansia Masih Prioritas
Jokowi

Nasional

Jokowi Diusulkan Jabat 3 Periode, Cuitan Iwan Fals: Eng Ing Eng…
apahabar.com

Nasional

Rumah Gerakan 98: Jangan Pilih Presiden dengan Sejarah Kelam
apahabar.com

Nasional

Ke Bukit Soeharto, Jokowi Tatap Calon Ibukota Baru
apahabar.com

Nasional

‘Berambangan’ dengan Istri, Malah Nenek Sendiri Diperkosa
vaksinasi covid-19

Nasional

Diawali Presiden Jokowi, Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Umum Dimulai April 2021
apahabar.com

Nasional

Pertamina Berbagi Tips Aman Penggunaan Elpiji
Lakalantas

Nasional

Penyebab Lakalantas Menewaskan Ibu Muda di Jakarta Terkuak, Dipantik Cekcok Polisi Versus Pegawai Bank
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com