Kucurkan Miliaran Rupiah, PPKM Level IV Banjarmasin Tanpa Jam Malam Tok! Banjarmasin Esok PPKM Level IV, Berikut Ketentuannya Meninggal di Rumah, Guru Khalil Sempat Tak Sadarkan Diri Sejak Kamis Dikenal Karismatik, Alumni Ponpes Darussalam Sukses Jadi Bupati Banjar Kini Telah Tiada Ibnu Sina Ingin Penerapan PPKM Level IV Banjarmasin Lebih Humanis

Program Sungai Martapura Bungas Diharapkan Bisa Atasi Jamban Apung dan Sampah

- Apahabar.com     Minggu, 27 Juni 2021 - 15:12 WITA

Program Sungai Martapura Bungas Diharapkan Bisa Atasi Jamban Apung dan Sampah

Ilustrasi, jamban. Foto-Tribunnews

apahabar.com, BANJARBARU – Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan perwakilan beberapa instansi terkait, Pemprov Kalsel melakukan aksi susur sungai Martapura dengan perjalanan tempuh selama 4,5 jam.

Kepada Dinas LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, tujuan susur sungai ini untuk mengindentifikasi kondisi eksisting di sepanjang sungai Martapura dari menara pandang sampai jembatan Pondok Pesantren Darussalam

“Di berapa segmen terlihat rumah mulai tertata dengan baik yang berorientasi ke sungai, ada Kampung Hijau dan Kampung Biru di Kota Banjarmasin,” ujarnya Sabtu (26/6).

Pasar Terapung Lok Baintan, kata dia, merupakan destinasi penting Banua dengan aktifitasnya dan Desa Sungai Rangas Tengah dengan Wisata sungainya menjadi tempat yang menarik dicermati.

“Keramba Jala Apung, jamban atau WC terapung, sampah yang mengapung, enceng gondok dan aktifitas MCK masih banyak dijumpai di sepanjang Sungai Martapura,” ucapnya.

Hanifah Berharap, melalui Program Sungai Martapura Bungas, persoalaan ini dapat tertangani melalui komitmen yang kuat dan konsistensi kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan.

“Happier day by day, semakin hari semakin bahagia menjadi visi penting dalam program ini, tidak hanya masyarakatnya tapi seluruh yang hidup dan beraktifitas di sekitaran Sungai Martapura,” imbuhnya.

Terakhir, kata dia, program ini juga bakal menjadikan Sungai Martapura sebagai Pusaka Peradapan Masyarakat Kalsel.

“Menghormatinya dengan tidak lagi menjadikan sungai tempat sampah panjang dan tempat buang air besar adalah hal pertama yang harus dilakukan. Bersama pasti kita bisa wujudkan Sungai Martapura Bungas,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Patroli Sore, Unit Lantas Polsek Banjarbaru Barat Antisipasi Balapan Liar

Kalsel

3 Jembatan Banyiur Dalam Rampung, Intip Pesan Ibnu Sina
apahabar.com

Kalsel

Bersikeras Keluar Daerah, Tunjangan ASN Batola Dipotong
apahabar.com

Kalsel

Bukan Riam Kiwa, Pusat Setujui Bendungan Sungai Kusan yang Digagas MHM
UM-PTKIN

Kalsel

Jalani UM-PTKIN, Ribuan Peserta Berebut Masuk UIN Antasari Banjarmasin

Kalsel

Diserang Monyet Liar, Bocah 2 Tahun di Martapura Dilarikan ke Rumah Sakit

Banjarbaru

Satgas Covid-19 Kalsel Tegas Melarang Mudik Lokal

Kalsel

Dugaan Wanprestasi Dalam Jerat Penipuan Bupati Balangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com