BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

PTM di Batola Dimulai 12 Juli, Tenaga Pendidik Wajib Divaksin

- Apahabar.com     Jumat, 25 Juni 2021 - 20:05 WITA

PTM di Batola Dimulai 12 Juli, Tenaga Pendidik Wajib Divaksin

Dengan sejumlah pembatasan, dijadwalkan pembelajaran tatap muka di Barito Kuala dimulai lagi 12 Juli 2021. Foto: apabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Berbekal sejumlah pembatasan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Barito Kuala akan dimulai 12 Juli 2021.

Putusan tersebut diambil rapat koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 bersama Dinas Pendidikan Batola, Jumat (25/6).

“Mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, insyallah pelaksanaan PTM terbatas di Batola dimulai 12 Juli,” ungkap Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

“Bagaimanapun Batola mempunyai kewajiban untuk membuka sekolah, tetapi dengan sejumlah pembatasan-pembatasan,” imbuhnya.

Salah satu pembatasan yang akan diterapkan berkaitan jumlah peserta didik dan kapasitas ruangan kelas.

“Sekolah yang memiliki peserta didik berjumlah 10 hingga di bawah 20 orang per kelas, diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka setiap hari,” jelas Noormiliyani.

Namun sekolah yang memiliki peserta didik berjumlah 30 orang per kelas, pembelajaran dilakukan dalam sistem berbeda.

“Teknis pembelajaran dilakukan dengan tiga hari daring dan tiga hari tatap muka dalam seminggu,” imbuhnya.

Selain jumlah siswa per kelas, vaksinasi Covid-19 untuk tenaga pendidik juga menjadi perhatian serius Pemkab Batola.

Disyaratkan semua tenaga pendidik sudah divaksinasi, kecuali terdapat kendala medis yang menyebabkan vaksinasi tidak dapat diberikan.

“Guru yang enggan divaksin, otomatis tidak diperbolehkan mengajar. Kalau tidak mengajar, berarti tak menerima tunjangan,” tegas Noormiliyani.

“Selain vaksin Covid-19, juga akan dilakukan swab antigen acak secara berkala kepada semua tenaga pendidikn sebagai bentuk pencegahan,” sambungnya.

Total terdata 7.676 tenaga pendidik yang harus divaksinasi. Memasuki akhir Juni 2021, proses vaksinasi tenaga pendidik SD sudah mencapai 81 persen dan SMP sebesar 65 persen.

“Insyaallah kami sudah siap menghadapi pembelajaran tatap muka,” sahut Noormaidah, Kepala Sekolah SMPN 2 Kuripan di Kecamatan Kuripan.

“Terlebih siswa dan orang tua mereka sudah lama menginginkan pembelajaran tatap muka,” imbuhnya.

Memiliki 65 siswa, pembelajaran di SMPN 2 Kuripan direncanakan setiap hari. Lantas untuk pembatasan kapasitas, diberlakukan shift pagi dan siang.

Sistem shift yang sudah dicoba dalam ujian akhir semester, dinilai efektif menyikapi transportasi siswa ke sekolah. Dikelilingi sungai dan rawa, moda transportasi siswa SMPN 2 Kuripan adalah kelotok.

“Penyebabnya sebagian besar siswa menggunakan angkutan kelotok yang sama, sehingga keberangkatan maupun kepulangan juga harus sekaligus,” papar Noormaidah.

Persiapan menghadapi pembelajaran tatap muka juga telah dilakukan SMPN 8 Tamban. Berdasarkan jumlah siswa, mereka akan menerapkan luring dan daring.

“Kami juga berencana membuat kelas terbuka di lingkungan sekolah, sehingga siswa belajar tidak terpaku di ruangan saja,” papar Wawan Setiawan, Kepala Sekolah SMPN 8 Tamban.

“Selain lebih dekat dengan alam, tujuan belajar di kelas terbuka membuat udara lebih segar dan meminimalisasi penyebaran virus,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Hasil Integrasi SKD/SKB Diumumkan, 2 Formasi CPNS di Barito Kuala Tetap Kosong
apahabar.com

Batola

Belawang Dongkrak Kasus Positif Covid-19 di Batola

Batola

Akibat Banjir di Batola, Ribuan Ekor Itik Mati
Tata Ruang

Batola

Langgar Aturan Tata Ruang, Bangunan Milik Dua Perusahaan di Batola Dibongkar

Batola

Kerenggangan Kohesi Sosial, Pekerjaan Rumah Batola Usai Pilkades Serentak
Banjir

Batola

Curah Hujan Meningkat, Tiga Kecamatan di Batola Dikelilingi Banjir
Banjir

Batola

Bantu Korban Banjir di Batola, Pasutri Ini Rela Tinggalkan Anak
Batola

Batola

Banjir di Batola, Jumlah Pengungsi Meningkat Menjadi 9.170 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com