Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas Jalan Provinsi di HSU Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Amblas Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2

Rapat Paripurna DPRD, Pemkab HSS Sampaikan LKPJ APBD 2020

- Apahabar.com     Selasa, 15 Juni 2021 - 14:28 WITA

Rapat Paripurna DPRD, Pemkab HSS Sampaikan LKPJ APBD 2020

Bupati HSS Achmad Fikry dan Wakil Syamsuri Arsyad didampingi Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi usai rapat paripurna. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampaikan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, Selasa (15/6).

LPKJ APBD HSS 2020 disampaikan langsung Bupati HSS Achmad Fikry dalam sidang paripurna di ruang rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Menurut Achmad Fikry, laporan keuangan yang telah disusun sesuai standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual dan telah diperiksa oleh BPK-RI Perwakilan Provinsi Kalsel sesuai dengan prosedur dan standar pemeriksaan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, proses pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah dilakukan dua tahap oleh BPK-RI,” ucapnya.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) telah diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK-RI Kalsel kepada Ketua DPRD Selatan dan Bupati Hulu Sungai Selatan pada tanggal 24 Mei 2021.

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, laporan keuangan pemerintah daerah HSS tahun anggaran 2020, kembali dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 8 kalinya,” kata Achmad Fikry.

Menurutnya, pencapaian prestasi ini tak lepas dari kerja keras semua jajaran Pemkab HSS dan sinergitas yang baik dengan DPRD.

“Melalui rapat paripurna ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh Anggota DPRD,” kata Achmad Fikry.

Pihaknya menambahkan, penghargaan opini WTP bukanlah segalanya, yang terpenting adalah LHP yang mencerminkan pengelolaan keuangan harus memberi korelasi yang positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya dapat kita lihat dari indikator makro di Kabupaten HSS, seperti angka tingkat kemiskinan dari 6,29 persen pada tahun 2016 menjadi 5,17 persen pada 2020,” jelas Achmad Fikry.

Tingkat pengangguran terbuka sebanyak 4,22 persen pada tahun 2013 menjadi 2,24 persen tahun 2020.

Angka tersebut di bawah provinsi sebesar 4,18 persen dan rata-rata nasional sebesar 5,23 persen tahun 2020.

Kemudian, dilihat dari indeks Gini Ratio pada tahun 2016 sebesar 0,36 menjadi 0,30 pada tahun 2020 lebih kecil dibandingkan dengan Indeks Provinsi sebesar 0,33.

“Ini menggambarkan bahwa ketimpangan distribusi pendapatan di Kabupaten HSS masih rendah dengan kata lain distribusi pendapatan kita cukup merata,” ungkap Achmad Fikry.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS Serahkan SK Kenaikan Pangkat PNS
apahabar.com

HSS

Sektor Ekonomi Melemah, HSS Diminta Lebih Mandiri
apahabar.com

HSS

Pertamina Eksplorasi Kandungan Minyak Hulu Sungai Selatan
apahabar.com

HSS

Pasar HSS Ditetapkan Tertib Ukur
MUI

HSS

MUI HSS Beri Dukungan Moril pada Penyelenggara Pilkada
apahabar.com

HSS

Program Baru HSS, Pejabat Asuh Lansia
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Lepas Kontingen POPDA
apahabar.com

HSS

HSS Terima 500 Unit PLTS untuk PJU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com