Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Memanas! Aksi #SAVEKPK di Banjarmasin Diwarnai Saling Dorong BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel

Ratusan Rumah dan Bangunan Direlokasi, Camat Tapin Tengah: Sejauh Ini Tidak Ada Penolakan

- Apahabar.com Sabtu, 5 Juni 2021 - 00:30 WIB

Ratusan Rumah dan Bangunan Direlokasi, Camat Tapin Tengah: Sejauh Ini Tidak Ada Penolakan

Pembongkaran rumah di samping sungai Pandahan Kecamatan Tapin Tengah. Foto: Apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Ratusan rumah dan bangunan di sepanjang sungai Pandahan sampai Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin dibongkar.

Saat dikonfirmasi apahabar.com, Camat Tapin Tengah, Sugian Noor mengatakan bahwa program relokasi bangunan tersebut sudah sejak lama direncanakan.

“Ini program sudah lama direncanakan namun banyak kendala di lapangan. Terutama kurangnya komunikasi dan koordinasi antar instansi terkait dengan pihak Kecamatan dan desa,” ujarnya belum lama tadi.

Selain itu, sambung Sugian Noor, kurangnya sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat yang terkena dampak langsung.

“Alhamdulillah, akhirnya program ini bisa direalisasikan. Kami berharap adanya kesadaran masyarakat untuk secara utuh menerima tanpa ada penolakan,” ungkapnya.

Sugian Noor mengatakan sejauh ini tidak ada potensi penolakan dari masyarakat, karena jauh-jauh hari sudah ada pemberitahuan.

“Sudah kita sampaikan kepada masyarakat bahwa tanah yang mereka tempati adalah milik Pemda dan sewaktu-waktu dapat di alih fungsikan untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar,” lanjutnya.

Untuk masyarakat yang direlokasi, pihak kecamatan bekerjasama dengan aparatur desa serta SKPD terkait akan memberikan bimbingan dalam hal keterampilan berwiraswasta dan hal-hal sosial lainnya.

“Program Pemkab tentang pembersihan sungai yang saat ini menggunakan skema padat karya tentu sangat kami dukung, apalagi di era pandemi ini, sangat membantu perekonomian warga,” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Yumanto AP mengungkapkan, kegiatan relokasi ini masuk program padat karya tunai.

“Untuk pendanaan tidak ada ganti rugi, jadi kegiatan diberikan dana untuk bekerja seperti melakukan pembongkaran rumah,” ungkap Yumanto.
Selain rumah, terdapat pula warung, kios, garasi mobil, pondok cabe dan lain-lain yang ikut dibongkar.

“Namun demikian apabila ada warga yang minta dibangunkan lagi dari bahan yang ada bisa dilakukan. Mudahan melalui program ini, lingkungan menjadi bersih dari sampah serta warga masyarakat terdampak ekonomi mendapat pekerjaan,” lanjut Yumanto.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

TMMD

Kalsel

TMMD ke-111 Tapin, Buka Jalan Penghubung 2 Desa
apahabar.com

Tapin

Jelang Pilgub Kalsel, Ketua Bawaslu Tapin: Pemberi dan Penerima Diancam Pidana
Gabah Premium

Tapin

Harga Gabah Premium di Tapin Turun, Begini Penjelasan Kadis Ketahanan Pangan Setempat
Bocah Tenggelam

Kalsel

Akhirnya, Bocah Tenggelam di Sungai Tapin Ditemukan
Bahan Pokok

Tapin

Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Bahan Pokok Aman di Tapin
apahabar.com

Tapin

3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran

Tapin

Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api
Disdik Tapin

Tapin

Siapkan Belajar Tatap Muka, Disdik Tapin Tinjau Desa Terpencil
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com