Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Rekor 8 Gol Bunuh Diri di Fase Grup, 3 Dicetak Penjaga Gawang

- Apahabar.com     Kamis, 24 Juni 2021 - 07:21 WITA

Rekor 8 Gol Bunuh Diri di Fase Grup, 3 Dicetak Penjaga Gawang

Gol bunuh diri Wojciech Szczesny menjadi yang tercepat dan untuk kali pertama dialami seorang kiper dalam sejarah Piala Eropa. Foto: The Sun

apahabar.com, JAKARTA – Rampung sudah penyisihan grup Euro 2020. Tercipta 8 gol bunuh diri yang menjadi rekor baru, 3 gol di antaranya dicetak penjaga gawang.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Eropa, baru sekarang terjadi hingga 8 gol bunuh diri. Padahal di edisi sebelumnya, hanya terjadi 3 gol bunuh diri.

Gol-gol bunuh diri itu dicetak berturut-turut dicetak Merih Demiral (Turki), Mats Hummels (Jerman), Wojciech Szczesny (Polandia), dan Lukas Hradecky (Finlandia).

Kemudian Ruben Dias dan Raphael Guerreiro (Portugal), serta Martin Dubravka dan Jurac Kucka (Slovakia).

Dari ketujuh pemain itu, tiga di antaranya berposisi sebagai penjaga gawang. Mereka adalah Wojciech Szczesny, Lukas Hradecky, Ruben Dias dan Martin Dubravka.

Wojciech Szczesny menjadi kiper pertama dalam sejarah Piala Eropa yang membuat gol bunuh diri, ketika Polandia bertekuk lutut di tangan Slovakia dengan skor 1-2, Senin (14/6).

Gol bunuh diri itu terjadi di menit 18, ketika bola yang mengenai tiang gawang, kemudian memantul dan mengenai badan Wojciech Szczesny.

Tak hanya pertama dibukukan seorang kiper, gol itu menjadi bunuh diri tercepat dalam sejarah Piala Eropa. Gol ini sendiri membuat Slovakia membuka keunggulan.

Sementara Lukas Hradecky membuat gol bunuh diri dalam pertandingan kontra Belgia, Selasa (22/6).

Penyebabnya bola hasil sundulan bek lawan, Thomas Vermaelen, membentur badan Lukas Hradecky dan akhirnya bergulir ke gawang.

Akibat gol tersebut, Belgia membuka keunggulan hingga akhirnya berhasil mengunci kemenangan dengan skor 2-0.

Sedangkan Martin Dubravka membuat gol bunuh diri di matchday terakhir penyisihan grup melawan Spanyol, Kamis (24/6). Gol ini juga membuka keunggulan lawan.

Gol berawal dari tendangan jarak jauh Pablo Sarabia yang membentur mistar. Bola muntah kemudian mengarah ke gawang Slovakia.

Melihat hal itu, Martin Dubravka langsung berlari untuk mencoba menangkap bola. Namun tangkapan Dubravka tak sempurna, sehingga bola langsung masuk ke gawang sendiri.

Mengingat masih terdapat babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final, bukan tidak mungkin terjadi gol bunuh diri tambahan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Menpora

Sport

Timnas Indonesia Mati Suri, Shin Tae-yong Belum Punya Rencana
apahabar.com

Sport

Jadwal Timnas U-19 Indonesia vs Bosnia Herzegovina, Live Net TV dan Mola TV
apahabar.com

Sport

Jacksen Mengundurkan Diri

Sport

Yamaha dan Maverick Vinales Sepakat Berpisah Lebih Cepat

Sport

Pertama Dalam Sejarah Olahraga Batola, Banyak Kirim Atlet ke PON XX Papua
apahabar.com

Sport

Jelang Laga Aston Villa vs Liverpool di Liga Inggris, Jurgen Klopp Khawatir
apahabar.com

Sport

Hanya Butuh 1 Poin Lagi di Liga 1, Barito Harus Kehilangan Evan Dimas

Sport

Kasus Pelecehan Eks Timnas U-19, Manajer Barito Putera: Gambaran Sepakbola Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com