Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Sempat Ingin Mondok Alokasi Rp 1,5 M, Kawasan Siring Piere Tendean Banjarmasin Bakal Dipagar Dimotori Arul Efansyah, Eks Power Metal Dirikan Band XREAL Ditertibkan, Belasan Supeltas di Alalak Batola Diingatkan Jangan Pungli Kecelakaan Beruntun Berujung Maut, Pengemudi Diduga Konsumsi Miras

Rombongan Bawaslu RI Pantau Kesiapan PSU di Kabupaten Banjar

- Apahabar.com Rabu, 9 Juni 2021 - 00:59 WIB

Rombongan Bawaslu RI Pantau Kesiapan PSU di Kabupaten Banjar

Rombongan Bawaslu RI beserta jajaran saat memantau di salah satu TPS di Tanjung Rema Martapura, Selasa (8/6) malam. Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Rombongan Bawaslu RI melakukan pemantauan ke lokasi pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar, Selasa (8/6) malam.

Bawaslu RI sepertinya memberi atensi lebih, mengingat Kabupaten Banjar merupakan lumbung suara PSU. Dari 7 kecamatan yang menggelar PSU, 5 di antaranya berada di kabupaten berjuluk Bumi Barakat ini.

Ada 4 rombongan yang melakukan pemantauan sejak sore tadi hingga tengah malam ini yang dipimpin Ketua Bawaslu RI, Abhan. Tiap rombongan dipimpin satu komisioner Bawaslu RI yang diikuti Bawaslu provinsi dan kabupaten.

Mereka adalah Ketua Bawaslu RI, Abhan, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan, Ratna Dewi Pettalolo, Divisi Pengawasan & Sosialisasi, Mochammad Afifuddin, dan Divisi Penyelesaian Sengketa, Rahmat Bagja.

Wilayah yang menjadi pemamtauan rombongan Bawaslu meliputi Kecamatan Martapura dan Astambul.

Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan pihaknya melakukan pemantauan untuk memastikan kesiapan PSU dengan mengambil sampel di sejumlah titik PSU.

“Di Kabupaten Banjar ini kalau kita lihat persiapan TPS sudah terpenuhi, alat, logistik sudah siap. Surat suara masih di balai desa, karena keamanan lebih baik di sana,” terangnya.

Ia menilai tingkat pemahaman petugas di TPS beragam tingkatannya. “Tadi saya lihat di TPS pertama (dikunjungi) bagus pemahamannya. Namun ada beberapa yang perlu kita jelaskan,” ungkap Bagja.

Bawaslu RI, lanjutnya, memberi atensi yang sama kepada seluruh wilayah PSU di Kalsel, yakni 7 kecamatan. Namun, Banjarmasin Selatan ia nilai sudah berpengalaman dalam melaksanakan PSU.

Terkait adanya “aroma” kecurangan, Bagja menyerahkannya kepada Bawaslu Kabupaten Banjar.

“Silakan tanya kawan – kawan di Bawaslu Banjar. Untuk mencegah adanya money politic, jajaran Bawaslu sudah kami arahkan untuk berpatroli. Juga untuk persiapan pencoblosan agar tidak terjadi pelanggaran,” tandasnya.

Rombongan Bawaslu RI sendiri bakal berada di Kalsel sampai selesai pemungutan suara.

“Lusa kita pulang, karena kami mau rapat dengan Komisi II tentang persiapan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Ramainya Komentar Netizen di Debat Pilkada Tanbu; dari Soal ‘Contekan’, Mila Cantik, hingga Rusli yang Disuruh Les Pidato

Politik

Pembukaan Kotak Suara PSU Tersebar di Medsos, BirinMu Peringatkan KPU Banjar
apahabar.com

Politik

Lolos Menuju Pilkada HST, Duet Independen ‘AMAN’ Superior
apahabar.com

Politik

Elite Partai Bertemu, Sinyal Koalisi Gerindra-Golkar di Pilgub Kalsel?
apahabar.com

Politik

PDIP Bentuk Tim Khusus Kaji Omnibus Law Cipta Kerja
Demokrat Kalteng

Kalteng

Hasil KLB Ditolak, Demokrat Kalteng: Presiden Selamatkan Demokrasi
apahabar.com

Politik

Jokowi: Mengelola Negara Ini Tidak Gampang, Perlu yang Pengalaman
apahabar.com

Politik

Pilkada Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin Mantap Bersama Iwansyah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com