Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total Kunjungi Tanbu, Warga Berharap Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Pulau Burung

Rumah Sakit Penuh, Perawatan Pasien Covid Balikpapan Direncanakan Tak Lagi 14 Hari

- Apahabar.com     Selasa, 29 Juni 2021 - 16:22 WITA

Rumah Sakit Penuh, Perawatan Pasien Covid Balikpapan Direncanakan Tak Lagi 14 Hari

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BALIKPAPAN – Jumlah ketersediaan tempat tidur di rumah sakit untuk pasien Covid-19 di Balikpapan sudah sangat penuh. Setiap harinya penambahan kasus di Balikpapan cukup tinggi, sehingga masih banyak pasien yang mengantre untuk mendapatkan kamar.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kota Balikpapan mencari sejumlah opsi untuk menyiasati ketersediaan kamar tidur. Salah satunya akan berkoordinasi dengan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dalam melihat kondisi pasien apakah sudah bisa keluar rumah sakit untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah atau tidak.

“Jika dalam masa perawatan kondisi pasien stabil, maka akan dipulangkan atau dilakukan isolasi mandiri di tempat yang disiapkan pemerintah. Tanpa harus menunggu 14 hari perawatan di rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Wanita yang akrab disapa Dio ini mencontohkan apabila pasien yang telah melakukan perawatan di rumah sakit selama tujuh hari, nantinya akan diperiksa kembali oleh DPJP untuk menentukan apakah pasien layak menjalani isolasi di luar atau tetap melanjutkan perawatan di rumah sakit.

“Jadi konsepnya nanti seperti itu. Ada yang sudah stabil hari ketujuh lakukan isolasi mandiri. Tapi tidak kembali ke rumah isolasi, isolasi di tempat yang kita siapkan sampai benar-benar sembuh atau negatif,” terangnya.

Tentu cara ini dilakukan agar pasien lain yang bergejala dan belum mendapatkan kamar tidur bisa tertangani. Sebab diseluruh rumah sakit di Balikpapan khususnya yang menjadi rujukan sudah tak mampu menambah jumlah kamar lagi.

“Saat rapat bersama pimpinan rumah sakit kemarin seluruh rumah sakit sudah merespon peningkatan. Namun saat ini sudah terisi penuh,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

E-TLE

Kaltim

Uji Coba E-TLE di Balikpapan, Tukang Ojol Kaget Surat Tilang Nempel di Motor
apahabar.com

Kaltim

Korban Kebakaran akan Direlokasi, Pemkab PPU Siapkan 3 Lokasi
Salat

Kaltim

MUI Balikpapan Kupas Peniadaan Salat Jumat Selama PPKM Darurat
Senpi

Kaltim

Belajar dari Youtube Rakit Senjata, Pria di Kukar Diamankan Polisi
Guru Honorer

Kaltim

Demam 9 Hari, Guru Honorer di Balikpapan Meninggal Usai Divaksin
Lapas Balikpapan

Kaltim

5 Warga Binaan Seumur Hidup Lapas Balikpapan Ajukan Pengampunan ke Presiden
apahabar.com

Kaltim

Belajar Menangkal Hoaks bersama Google dan AJI Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Jadi Ibu Kota RI, Penajam Siap Tingkatkan Produksi Pangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com