Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Sama-sama Disebabkan Virus, Ini Perbedaan DBD dan Covid-19

- Apahabar.com     Sabtu, 26 Juni 2021 - 10:38 WITA

Sama-sama Disebabkan Virus, Ini Perbedaan DBD dan Covid-19

Ilustrasi Covid-19. Foto-Pixabay

apahabar.com, JAKARTA – Sejak lama, virus sudah ada dalam kehidupan manusia dan menimbulkan berbagai fenomena dan dampak yang terus berubah dengan menjadi penyebab penyakit pada manusia.

Tak sedikit dari penyakit itu yang memiliki gejala serupa, misalnya seperti demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan virus dengue, dengan Covid-19 dari virus SARS-CoV-2.

Dokter spesialis penyakit dalam Vivi Lesmana dari Mayapada Hospital Kuningan mengakui ada persamaan gejala pada DBD dan Covid-19.

Sebagai pembeda, DBD memiliki ciri berupa hemokonsentrasi akibat kebocoran pembuluh darah, penderitanya akan merasakan sakit pada kepala bagian depan atau di belakang bola mata.

“Ciri khas Covid-19 yakni adanya hilang indera penciuman, perasa, dan gejala pernafasan yang menonjol,” kata dr. Vivi, dilansir dari CNNIndonesia.

Meski secara umum penderita DBD dan Covid-19 berpotensi besar mengalami demam, namun pada DBD biasanya diiringi sakit kepala yang nyeri. Atau bisa juga terjadi mimisan atau pendarahan pada gusi.

Sementara pada Covid-19, gejala yang timbul selain demam serta kehilangan indera perasa dan penciuman adalah gangguan pernapasan seperti batuk, nyeri tenggorokan, atau terasa berat ketika bernapas.

Menurut dr. Vivi, penderita DBD harus waspada dan segera memeriksakan diri bila gejala memburuk, yang antara lain ditandai dengan pendarahan gusi, sakit perut parah, muntah darah, muntah terus-menerus, juga tubuh yang terasa tak berdaya dengan suhu yang tak stabil atau naik turun.

Adapun cara penanganan DBD dan Covid-19 juga disebut berbeda. Covid-19 dapat dicegah dengan kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari menyentuh hidung, mata, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan.

“Pencegahan DBD bisa dilakukan dengan menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, mengubur barang bekas, mengggunakan obat anti nyamuk,” tutur dr. Vivi.

Gejala DBD dan Covid 19 menyerupai oleh karena itu di butuhkan pemeriksaan penunjang dalam mendiagnosis seperti PCR, ns1. Karena gejala serupa walau kadang sakit kepala lebih di DBD, tapi di covid juga bisa dengan gejala sakit kepala.

“Untuk pemeriksaan pengecekan virus Covid-19 adalah menggunakan swab PCR, sedangkan untuk memastikan dengue pemeriksaan molecular testing PCR virus dengue, Ns1 pada fase akut,” ujarnya.

Terkait dengan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih luas, Mayapada Hospital akan membuka cabang baru untuk warga Surabaya dan Jawa Timur.

Rencananya, pada kuartal III/2021, Mayapada Hospital akan membuka cabang di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya berada di Jalan Mayjen Sungkono Nomor 20, Surabaya Barat.

Dengan pembukaan cabang itu, Mayapada Hospital diharapkan dapat memberikan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Akan Dikarantina di Pangkalan Milter Natuna
apahabar.com

Nasional

Muhyiddin Yassin Resmi Jadi Perdana Menteri Malaysia
apahabar.com

Nasional

Warga Wuhan Bersukacita Setelah Lockdown Berakhir
apahabar.com

Nasional

Remaja Halangi Laju Truk di Bantar Gebang, Satu Orang Terlindas
apahabar.com

Nasional

Viral, Dua Pria Taruhan Tanah dalam Pilpres
apahabar.com

Nasional

Pelindo III Sediakan Belasan Ribu Tiket Gratis Mudik Lebaran, Begini Caranya

Nasional

Jokowi Tegaskan TWK Bukan Dasar Pemberhentian 75 Pegawai KPK
apahabar.com

Nasional

Hukum Mati LGBT di Brunei, Inggris Minta Warganya Tak Diganggu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com