Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing Terima Mandat Tim Satgas Investasi Korwil Kalimantan, Mardani H Maming: Ini Tanggung Jawab Besar

Satgas Covid-19 Banjarbaru Sidak Lokasi Tes SKD CAT di BKN Regional VIII

- Apahabar.com Kamis, 3 Juni 2021 - 19:48 WIB

Satgas Covid-19 Banjarbaru Sidak Lokasi Tes SKD CAT di BKN Regional VIII

Tim Satgas Covid-19 Banjarbaru, Zaini Syahranie saat menyidak lokasi tes SKD CAT Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin di Banjarbaru. Foto-Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Banjarbaru menggelar sidak terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negeri (BKN) Banjarmasin di Sungai Ulin Banjarbaru.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru, Zaini Syahranie ingin memastikan protokol kesehatan dilaksanakan selama tahapan tes.

Zaini merupakan delegasi Satgas Covid-19. Di sana, dia mengecek setiap pola pelaksanaan tes, termasuk beberapa fasilitas atau perlengkapan yang digunakan panitia dan peserta.

“Kita tidak memberitahu terlebih dahulu. Ini dadakan untuk mengecek bagaimana prokes berjalan. Setelah kita cek tadi, pada intinya prokes dijalankan dengan ketat,” kata Zaini kepada apahabar.com, Kamis (3/6).

Pantauan apahabar.com, Zaini melihat langsung penerapan prokes dari awal peserta masuk atau mulai dari pembatasan di pintu gerbang yang hanya memperbolehkan peserta tes tanpa didampingi keluarga hingga pengaturan antrian dan jarak antar peserta.

“Dari yang kita cek, tidak ada kontak fisik antara peserta maupun petugas. Di meja registrasi juga ada partisi atau penyekat. Lalu di bagian pintu masuk ada pengecek suhu dan antar meja komputer diberi jarak,” ujarnya.

Zaini ingin memastikan tak ada kerumunan dalam pelaksanaan tes tersebut. Berkaca sebelum pandemi lalu, tes CAT selalu memicu kerumunan, karena para keluarga peserta ikut datang ke lokasi.

“Tadi bagus sekali keluarga atau kerabat peserta tidak diperbolehkan masuk. Lalu juga tidak ada layar besar yang biasanya ditonton ramai-ramai. Pihak penyelenggara menggantinya dengan siarang langsung di YouTube. Ini saya pikir harus jadi contoh untuk instansi lainnya,” bebernya.

Sementara pihak Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin mengklaim semua pelaksanaan sudah sangat memerhatikan prokes dan pencegahan penularan, termasuk memberlakukan sistem shift.

“Total PC (personal computer) kita ada 100 unit. Nah itu dibagi jadi tiga sesi. Dan antara sesi ada interval waktu. Sewaktu interval itu, seluruh perlengkapan kita semprot disinfektan,” kata Kabid Informasi Kepegawaian Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, Ari Budiarso.

Lalu, dalam adaptasi di masa pandemi ini, absensi peserta dengan tanda tangan basah ditiadakan dan diganti dengan sistem online.

“Kita mengupayakan agar tidak ada kontak fisik, alat-alat tulis peserta juga kita minta dibawa sendiri dari rumah. Dan yang paling penting kita tiadakan video layar lebar dan diganti ke siaran langsung di YouTube untuk keluarga yang ingin memantau pelaksanaan tes,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Syahran - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pilgub Kalsel

Pemkot Banjarmasin

PPK dan PPS PSU Pilgub Kalsel Dilantik, Simak Harapan Pj Wali Kota Banjarmasin
Pemko menyaring serratus usulan prioritas pembangunan. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Pemko Banjarmasin Saring Seratus Usulan Pembangunan
Pj Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Berikan Rasa Aman, Pj Wali Kota Banjarmasin Janji Kurangi Kasus Covid-19
Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Apeksi Pusat

Pemkot Banjarmasin

Relawan Damkar se-Kecamatan Banjarmasin Timur Ikuti Pembinaan
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Kemenpan RB Beri Banjarmasin Nilai BB dan B, Untuk Kategori SAKIP dan RB

Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Segera Tindaklanjuti Keluhan Masyarakat di Tiga Kelurahan
Adiwiyata

Pemkot Banjarmasin

20 Calon Sekolah Adiwiyata Nasional di Banjarmasin Kembali Diberikan Pembinaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com