Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Sekolah Alam Al Qudwah Hadir di Kotabaru

- Apahabar.com     Jumat, 25 Juni 2021 - 14:49 WITA

Sekolah Alam Al Qudwah Hadir di Kotabaru

KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru Selamat Riyadi bersama pengurus Yayasan dan tenaga pengajar Sekolah Alam Al Qudwah. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Sebuah sekolah dengan konsep belajar mengajar di alam terbuka hadir di Kabupaten Kotabaru.

Sekolah Alam Al Qudwah ini mendapat apresiasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru Selamat Riyadi.

“Ini sangat luar biasa, dan baru pertama kali ada di Kotabaru. Nantinya anak-anak peserta didik akan lebih mengenal dan mengerti tentang alam serta cara melestarikannya,” kata Selamat seusai meletakkan batu pertama pembangunan Sekolah Alam Al Qudwah yang berlokasi di Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kamis (24/6/2021).

Menurut dia, sistem pembelajaran sekolah alam ini tetap menggunakan aturan kurikulum yang disusun pemerintah.

Hanya saja metode pembelajarannya tidak belajar di dalam ruangan kelas, seperti sekolah-sekolah pada umumnya.

Namun, di ruang terbuka, di lingkungan yang masih alami dan indah.

“Saya berharap kepada ketua yayasan dan tenaga pendidik, mudah-mudahan sekolah ini dapat berkembang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru tentunya akan mendukung, terutama dari segi rekomendasi untuk perizinan dan program-program kegiatan apa saja yang dapat kita sinergikan dengan sekolah alam ini,” ungkap Selamat.

Mengenai bantuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sambung Selamat, selama nanti memenuhi ketentuan dan syarat untuk mendapatkan bantuan, maka tidak menutup kemungkinan pihaknya menyalurkan bantuan untuk sekolah alam ini.

“Untuk tenaga pendidik atau guru, saat ini sudah dua orang guru TK yang dibantu mendapatkan insentif dari daerah. Ke depannya nanti, kalau memungkinkan, semua guru akan dibantu dan difasilitasi,” imbuhnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Al Qudwah H Muhammad Sabirin Nur mengatakan, pada intinya pembangunan sekolah alam ini ingin menciptakan manusia-manusia yang andal, bertakwa, religius dan mencintai alam.

“Dengan adanya pilihan sekolah alam ini tentunya kami berharap akan memberikan nuasa baru bagi pendidikan di Kabupaten Kotabaru,” ujarnya.

Menurut Sabirin, sekolah alam ini menempati areal seluas 1 hektare. “Sementara ini, selain PAUD dan TK, kami juga akan membangun SD,” katanya.

Peletakan batu pertama itu juga dihadiri, pengurus Yayasan Pendidikan Al Qudwah, Ketua IGTKI, Lurah Baharu Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan dengan mengedepankan protokol kesehatan.(*)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Viral! Pengendara Avanza Hamburkan Duit di Langgar Mandingin HST
apahabar.com

Kalsel

2134 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar, BPBD Kalsel Tambah Waspada
apahabar.com

Kalsel

“Singkong Dusun” Masuk 10 Besar Proposal Bisnis Terbaik HIPMI 
apahabar.com

Kalsel

Terungkap! 6 Titik Hotspot Ini Jadi Penyumbang Asap di Area Bandara
apahabar.com

Kalsel

Jumadi, Pria yang Mengaku Nabi Isa di Balangan Diduga Gangguan Mental
apahabar.com

Kalsel

Japan Festival Fuyuzakura Dijamin tidak Mengganggu Pelajaran

Kalsel

Bupati Sukamta Tegaskan Elpiji 3 Kg untuk Masyarakat Miskin
Tanbu

Kalsel

Pandemi, Masjid Agung Tanbu Gelar Salat Id dengan Prokes Ketat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com