BREAKING! Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik…. LEGAWA! Tim H2D Ucapkan Terima Kasih ke Warga Kalsel MK Jelaskan Insiden Cegat Mobil di Gugatan Jilid II Denny Indrayana

SKPP Bawaslu, Bupati Banjar Sampaikan Pesan untuk Kader

- Apahabar.com     Senin, 28 Juni 2021 - 22:57 WITA

SKPP Bawaslu, Bupati Banjar Sampaikan Pesan untuk Kader

Ketua Bawaslu RI, Abhan hadir langsung sekaligus membuka acara secara resmi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), di Aston Banua, Jl A Yani KM 11,8, Gambut, Kabupaten Banjar, Senin (28/6). Foto-Ist

apahabar.com, MARTAPURA – Menyongsong Pemilu mendatang, Bawaslu menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini merupakan program Bawaslu RI dalam upaya memberikan pendidikan Pemilu dan Pilkada serta pengawasannya bagi masyarakat.

Ketua Bawaslu RI, Abhan hadir langsung sekaligus membuka acara secara resmi di Aston Banua, Jl A Yani KM 11,8, Gambut, Kabupaten Banjar Senin (28/6).

Acara tersebut digelar dari 28-30 Juni. Turut hadir Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah, juga Bupati Banjar, H Saidi Mansyur.

Ketua Bawaslu RI saat membuka acara memberikan wejangan tentang kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu, serta integritas bahwa pengawas pemilu harus selalu bersikap jujur, adil, mandiri, dan akuntabel.

“Kualitas demokrasi ini ditentukan oleh integritas penyelenggara, kemudian peserta juga harus memiliki komitmen integritas diri yang baik, tidak melanggar aturan, tidak melalukan pelanggaran-pelanggaran yang mencederai demokrasi, dan masyarakat yang menentukan,” ungkapnya.

Para kader diharapkan menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menggerakkan masyarakat untuk turut melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu dan Pilkada.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah mengatakan SKPP dilaksanakan dalam tiga tingkat, yaitu dasar, menengah, dan lanjutan.

“SKPP kali ini diikuti Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” terangnya.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur memberikan pesan kepada peserta SKPP untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai media pembelajaran, bagaimana tata kelola pengawasan dan penyelenggaraan pemilu dengan baik.

“Dalam membangun Pemilu yang jujur, adil, dan demokratis, tidak bisa berdiri sendiri. Kita harus ingat dengan tiga entitas Pemilu yaitu rakyat, penyelenggara, dan peserta Pemilu,” kata Bupati Banjar.

Bupati Banjar memberi dukungan penuh kepada Bawaslu dalam menjalankan visi dan misinya menyukseskan Pemilu yang demokratis, demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil (Luber Jurdil).

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Rusman saat membuat miniatur rumah adat Banjar Bubungan Tinggi. Foto-apahabar.com/Madani

Kabupaten Banjar

Sering Juarai Lomba Miniatur Rumah Banjar, Rusman Layani Pesanan dari Luar Negeri
DPTH

Kabupaten Banjar

Dampak Banjir Banjar, DPTH Taksir Kerugian Rp23 Miliar

Kabupaten Banjar

Kasus Covid-19 Meningkat, Ketua DPRD Banjar Minta PTM Dievaluasi
Kecelakaan

Kabupaten Banjar

Kronologi Lengkap Kecelakaan Maut di Sungai Ulin, Yamaha Lexi Versus Truk
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Upacara HUT RI Ke-75 di Kabupaten Banjar Digelar Sederhana
Ponsel

Kabupaten Banjar

Embat Ponsel Pengungsi Masjid Al Karomah Martapura, Pencuri Dimassa Warga Hingga Bonyok
Banjar

Kabupaten Banjar

Tiga Lembaga Adat Desa di Banjar Terima Hibah Alat Kesenian dan Pakaian Adat
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Puluhan Kepala Keluarga di Kabupaten Banjar Terima BLT Dana Desa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com