Lebarkan Sayap, bjb Sekuritas Rambah Investasi Pasar Modal Jabar Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik….

Teken MoU, Bupati Aulia Apresiasi Kinerja Kejari HST

- Apahabar.com     Jumat, 25 Juni 2021 - 08:31 WITA

Teken MoU, Bupati Aulia Apresiasi Kinerja Kejari HST

Bupati Aulia menyerahkan penghargaan kepada Kejari HST Trimo usai teken MoU di Auditorium Pemkab setempat, Kamis (24/6)./Foto: Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktadiandi mengapresiasi kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

Apresiasi diberikan dalam bentuk penghargaan yang diserahkan bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Kejari HST, Kamis (24/6).

Aulia Oktafiandi dalam sambutannya menjelaskan tahun lalu Pemkab HST telah menjalin kerja sama dengan Kejari. Hal itu tertuang dalam MoU Nomor 180/13/nkb/2019 dan Nomor b-030/0.3.15/nk/7/2019.

“Hasil tindak lanjut dari kerja sama tersebut telah diimplementasikan melalui adanya keterlibatan Kejari dengan Bagian Hukum Setda untuk menjadi tim kuasa hukum Pemkab dalam menangani berbagai perkara perdata yang terjadi,” kata Aulia usai teken MoU di Auditorium Setda HST.

Dari perkara yang ditangani, Aulia memaparkan di antaranya kasus Nomor 1/pdt.g/2020/pn/brb. Soal sengketa lahan obyek wisata di Pagat Batu Benawa.

“Memang saat ini masih tahap kasasi di Mahkamah Agung,” kata Aulia.

Kemudian kasus Nomor 3/pdt.g/2020/pn.brb. Soal sengekta di bidang hukum perdata di Desa Murung, Kecamatan Batu Benawa.

Hasil putusan di Pengadilan Negeri Barabai yang sudah inkrah. Pemkab HST memenangkan kasus gugatan itu.

Atas capaian itu, kata Aulia, atas nama Pemkab HST mengucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kejari. Terutama personil yang turut terlibat dalam Tim Kuasa Hukum Pemkab HST.

“Hasil kerja keras saudara-saudara tentunya memberikan manfaat yang sangat besar bagi pembangunan di Bumi Murakata,” tutup Aulia.

Sementara itu, Kajari HST, Trimo menyatakan siap bersinergi dengan bekerjasama dengan Pemkab setempat. Terutama dalam memberi pertimbangan hukum, pendampingan hukum dan bantuan hukum.

“Khususnya di di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) sesuai kesepakatan, dalam hal ini kami juga siap membantu dalam mempertahankan aset-aset HST,” terang Trimo.

Untuk diketahui, MoU yang diteken antara Bupati Aulia dan Kajari Trimo bertujuan untuk menangani penyelesaian masalah hukum di Bidang Datun.

Misalnya, pemberian pertimbangan hukum dan konsultasi hukum terhadap masalah Datun, pelayanan hukum dalam bentuk penyuluhan hukum dan sosialisasi 0eraturan perundang-undangan HST.

MoU juga ditujukan untuk mengajukan penegakan hukum di bidang perdata dalam rangka memelihara ketertiban hukum, kepastian hukum dan melindungi kepentingan negara dan pemerintah.

Hal lainnya yakni, melakukan tindakan hukum dengan menjadi mediator atau fasilitator dalam hal penyelesaiam sengketa atau perselisihan antar lembaga, Instansi, BUMN/BUMD di bidang Datun.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir

HST

Imbas Banjir Terbesar Sepanjang Sejarah, Drainase di Barabai Tersumbat

HST

3 Warga Barabai Diciduk John Lee CS, 9 Paket Sabu dan Uang Jutaan Diamankan
apahabar.com

HST

Hasil Banding Nabi Palsu, PT Perkuat Putusan PN Barabai

HST

Influencer Ogut Galang Dana untuk Santri di HST
vaksin

HST

Dilema PTM di HST, dari Tren Kasus Covid-19 Hingga Guru Menolak Divaksin
bantuan

HST

Pascabanjir HST, LLDIKTI dan PTS Kalsel Terjunkan Bantuan

HST

HST Keluarkan Surat Edaran Tutup Obyek Wisata Selama Idulfitri
apahabar.com

HST

HST Godok Tiga Raperda, Satu Terkait Rencana Induk Pembangunan Industri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com