Eks Sekretaris Baramarta Buka-bukaan: Nama Ajudan Eks Bupati hingga Oknum DPRD Terseret Kasus Oknum TNI Tembak Warga di Tanah Bumbu Masuk Babak Baru Sopir PT BKB Ditemukan Tewas di Tapin, Diduga Korban Pembunuhan Duh, Nelayan Dirgahayu Kotabaru Lenyap di Perairan Samber Gelap Rujuk Ditolak! Pemuda di Kelua Tabalong Jambret Ibu Muda

Terungkap dalam Alquran dan Sains, Kurma Bisa Bunuh Sel Kanker

- Apahabar.com Minggu, 6 Juni 2021 - 13:14 WIB

Terungkap dalam Alquran dan Sains, Kurma Bisa Bunuh Sel Kanker

Ilustrasi buah Kurma dan Alquran. Foto-Pexels/Khats Cassim via wartapontianak.com

apahabar.com, JAKARTA – Buah kurma, selain rasanya enak ternyata berkhasiat bisa membunuh sel kanker dalam tubuh.

Buah asal Jazirah Arab ini juga diketahui melindungi tubuh dari racun, mengandung zat antikanker, memiliki kadar gula yang tinggi, serta sebagai sumber protein.

Melansir okezone.com, berdasarkan keterangan ahli kesehatan, kurma memiliki komposisi 70 persen zat gula, 20 persen protein, dan 3 persen lemak. Selain itu juga Kurma mengandung zat besi dan mengandung vitamin B serta C.

Sebuah penelitian di Mesir mengungkap bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang mematikan sel kanker.

Mayoritas penduduk jazirah Arab atau yang tinggal di wilayah sahara atau oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok. Kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, sehingga dapat menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Di samping manfaat yang dimiliki, kurma ternyata memiliki keistimewaan tersendiri karena disebutkan di dalam kitab suci Alquran.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’,” isi Surah Maryam Ayat 25–26.

Dikutip dari buku ‘Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, dijelaskan bahwa dalam sebuah hadis sahih Bukhari, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah, tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu.”

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sendiri memiliki kebiasaan memakan kurma masak. Kurma masak ini memiliki nilai gizi tinggi, bisa memperkuat lever, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

Wallahu a’lam bishawab.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Arab Saudi Berencana Buka 90 Ribu Masjid Minggu Depan
apahabar.com

Religi

“Parukunan Jamaluddin” Ternyata Ditulis Ulama Perempuan Berdarah Banjar-Bugis
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Lapangan Murjani Disulap Jadi Tempat Parkir dan Salat
apahabar.com

Religi

Abdurrahman bin Auf RA, Orang Kaya yang Dijamin Masuk Surga

Hikmah

Mengapa Islam Melarang Nabi Dilukis?
MUI

Habar

MUI Komitmen Kawal Vaksin Sinovac
apahabar.com

Habar

Majelis Taklim di Masjid Jami Belum Dibuka, Pengurus Sebut Ada Kaitan dengan Sekumpul
apahabar.com

Habar

Destinasi Wisata Arab Saudi, Artefak Ukiran Batu Kuno di Jubbah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com