Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

“Tolak Pemberhentian 51 Pegawai KPK” Bergaung hingga Banjarbaru!

- Apahabar.com Kamis, 3 Juni 2021 - 20:21 WIB

“Tolak Pemberhentian 51 Pegawai KPK” Bergaung hingga Banjarbaru!

UNTUK KPK: Sekelompok mahasiswa dan masyarakat sipil menggelar aksi solidaritas menolak pemberhentian 51 pegawai KPK. apahabar.com/Hasanudin

apahabar.com, BANJARBARU – Aksi menolak pemecatan 51 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalar hingga Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Puluhan mahasiswa hingga masyarakat sipil menggelar ‘Kamisan’ di Bundaran Banjarbaru (3/6) sore tadi.

Secara lantang, mereka menyuarakan jika alasan pemecatan pegawai karena tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah pembodohan publik.

Koordinator Lapangan Aksi Kamisan Kalsel, Zikri Nur Abadi berkata masyarakat harus tahu bahwa upaya pemecatan 51 pegawai yang integritasnya sudah teruji itu adalah upaya pelemahan KPK. Terlebih sejumlah pegawai itu tengah menangani beragam kasus besar yang melibatkan banyak pejabat publik.

Biasanya aksi Kamisan hanya diisi dengan isu-isu Hak Asasi Manusia (HAM). Namun kali ini mereka berdiri di tepi jalan guna bersolidaritas terhadap para pejuang KPK.

“Sekarang kondisi negara kita sedang tidak baik-baik saja. Kami menyuarakan menolak pemecatan atas 75 pegawai KPK yang berdedikasi tinggi itu,” ujarnya kepada apahabar.com.

Dalam aksi sore tadi, Zikri dan kawan-kawan juga mengangkat sejumlah isu lingkungan hidup di Banua. Misalnya pascabanjir, dan degradasi lingkungan yang terus terjadi akibat keberadaan industri ekstraktif serupa batu bara.

Adapun aksi Kamisan yang sore tadi diikuti puluhan mahasiswa dan perwakilan masyarakat akan terus berlanjut di pekan depan.

“Kami akan terus menyuarakan keadilan dan melawan tindakan-tindakan pelemahan seperti yang menimpa pegawai KPK itu,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, gerakan menolak pemecatan terhadap puluhan pegawai KPK yang dianggap tak lulus tes wawasan kebangsaan terus bergaung.

Eks Juru Bicara KPK menyebut sedikitnya 693 pegawai menyatakan solidaritasnya ke 75 pegawai yang dinyatakan gagal dalam tes sebagai bagian dari alih status menjadi ASN itu.

Dia menilai 600 lebih pegawai tersebut tergerak hatinya dan paham adanya rentetan upaya menyerang dan menghancurkan KPK.

Situasi ini dinilai terus terjadi hingga kini. Febri menjelaskan bahwa solidaritas tersebut berasal dari sejumlah divisi seperti penyidikan, PLPM, penyidikan, PJKAKI, Direktorat DNA, Pencegahan dan Monitoring, Dikmas, Korsup hingga Kesetjenan.

“Semoga para pegawai yang berani bersikap ini tidak mendapat tekanan dari atasan mereka di KPK. Dan terus bertambah. Tetaplah berjuang dengan yakin dan teguh hati, teman-teman,” ujar, Febri lewat akun twitternya, akhir pekan kemarin.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Banjarbaru

Gebrak Masker, TP PKK Kota Banjarbaru Blusukan Bagi Masker Gratis ke Masyarakat
Beras Impor

Banjarbaru

Kalsel Tolak Beras Impor, Kadis TPH: Harga Bisa Anjlok
apahabar.com

Banjarbaru

Laka Maut Dekat Q Mall Banjarbaru, Wanita Diduga ODGJ Tewas di Tempat
Pasar Bauntung Baru

Banjarbaru

Jelang Peresmian, Begini Kondisi Pasar Bauntung Baru Banjarbaru
Sabu

Banjarbaru

Ketahuan Bawa Sabu, Pria asal Tabalong Diciduk di Banjarbaru
Banjarbaru

Banjarbaru

[CEK FAKTA] Viral Penumpang Dipalak di Bandara Syamsudin Noor Lama
GeNose

Banjarbaru

Hasil Tes Covid-19 Rawan Dipalsukan, Begini Tindakan Tegas KKP Banjarmasin
jambret

Banjarbaru

Dua Jambret Banjarbaru Berhasil Diringkus Polisi di Irigasi Martapura
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com