Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

Upaya Pemkab HST Turunkan Kasus Stunting

- Apahabar.com Jumat, 4 Juni 2021 - 07:17 WIB

Upaya Pemkab HST Turunkan Kasus Stunting

FOTO: Penandatanganan komitmen percepatan penurunan stunting dan Kabupaten Kota Sehat (KKS) oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi. Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) berupaya menurunkan angka kasus stunting di Bumi Murakata.

Upaya itu ditandai dengan penandatanganan komitmen untuk percepatan penurunan stunting oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dan wakilnya, H Mansyah Sabri.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Nomor Kep 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Kabupaten/Kota fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi, HST masuk pada 2021-2022.

Ketua Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S), H Ainur Rafiq menyampaikan persentasi stunting se Kalsel, HST berada pada angka 14,3 persen pada 2019. Angka itu menurun pada 2020 menjadi 10 persen.

“Angka itu ternyata di bawah target RPJMN 2020 sebesar 24,1 persen,” terang Rafiq, Jumat (4/6).

Sementara itu Aulia menyebutkan, untuk menurunkan angka stunting itu, harus ada upaya meningkatkan sumber daya manusia dan memajukan program Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Aulia memaparkan, ada beberapa upaya di antaranya, memetakan program kegiatan dan sumber pembiayaan terkait percepatan penurunan stunting. Dari tingkat desa hingga kelurahan.

“Diharapkan dapat terwujud dengan melakukan aksi konvergensi atau integrasi,” kata Aulia usai penandatanganan komitmen di Pendoponya, Senin (31/5) lalu.

Pemkab dan masyarakat, lanjut Aulia harus membangun kemitraan bersama untuk meningkatkan lingkungan fisik, sosial, Budaya, perilaku dan pelayanan publik. Dilaksanakan secara adil dan terjangkau.

“Komitmen ini perlu dilakukan dalam upaya dukungan pembuatan program dan penggerakan. Penguatan koordinasi tindak perbaikan layanan yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penyediaan layanan penurunan stunting di HST,” tutup Aulia.

Penandatanganan komitmen juga dilakukan Ketua TP PKK HST, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD dan Camat.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dialog Pembangunan Pemkab HSS Diisi Workshop Cakap Bermedia Sosial
SP4N

Pemkab Hulu Sungai Tengah

SP4N-LAPOR! HST Top 30 Seluruh Indonesia
Pengundian nomor urut Pilbakal di Desa Tabat Padang HST 2016 lalu./Foto: istimewa

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Alokasi Anggaran Pilbakal 2021, Cek Hitungan DPMD HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Segera Bentuk Kampung Tangguh Siaga Covid-19, BAT Jadi Percontohan di HST
Sekolah Tatap Muka

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sekolah Tatap Muka Segera Dimulai di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabup Berry Serahkan BLT ke Warga Hantakan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Desainer Madinah Syari Bantu HST Tanggulangi Covid-19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com