Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Wakil Rakyat Kalsel Sosialisasikan Perda PMD di Desa Hiyung Tapin

- Apahabar.com     Rabu, 30 Juni 2021 - 12:39 WITA

Wakil Rakyat Kalsel Sosialisasikan Perda PMD di Desa Hiyung Tapin

Anggota DPRD Provinsi Wahyudi Rahman sosialisasikan Perda Kalimantan Selatan No. 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Foto- Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Anggota DPRD Provinsi Kalsel Wahyudi Rahman menyosialisasikan Perda Kalimantan Selatan nomor 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Desa Hiyung, Kabupaten Tapin.

Sosialisasi dirangkai dengan peringatan Bulan Bung Karno yang mengambil tema “Bhinneka Tunggal Ika, Kerja Gotong Royong Untuk Rakyat, Desa Maju Indonesia Kuat dan Berdaulat”.

“Bulan Juni adalah Bulan Bung Karno, dimana diperingatinya Hari Lahir Pancasila 1 Juni, hari lahir Bung Karno 6 Juni dan haul wafatnya beliau 21 Juni,” kata Wahyudi Fraksi PDI Perjuangan.

Wahyudi memandang adanya keinginan yang kuat untuk menjadikan desanya maju, baik dari pemerintahan desa maupun masyarakatnya.

“Kita apresiasi dengan dukungan masyarakat desa yang rela direlokasi baik rumah maupun tempat usahanya yang ada di atas bantaran sungai demi mendukung terlaksananya penataan dan mengembalikan fungsi sungai oleh Pemkab Tapin,” ungkapnya.

Wahyudi menambahkan kesadaran masyarakat yang tinggi dalam mendukung pembangunan merupakan modal utama untuk menjadikan suatu desa maju.

Pemerintah, kata dia, harus lebih memaksimalkan pemberdayaan masyarakat dan desa guna mendorong bekerjanya usaha perekonomian masyarakat
desa, baik dalam bentuk UMKM dengan ruang lingkup usaha
kuliner, wisata desa, pertanian desa, agrowisata, dan pengembangan komoditas unggulan.

Dia mengatakan desa itu dikenal dengan komoditas cabai rawit hiyung yang sudah dikenal tingkat nasional sebagai cabai terpedas di Indonesia.

“Mengutip pernyataan Bung Karno bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan desa. Membangun Indonesia dari desa. Jika desa kuat, maka Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri. Itulah Indonesia maju yang berdaulat, Indonesia yang berakar dan bertumpu pada desa yang kuat,” tutupnya.

Sosialisasi Perda nomor 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa diikuti peserta dari Pemerintah Desa Hiyung serta perwakilan masyarakat Desa Hiyung dan Sungai Rutas Hulu.

Narasumber yang menyampaikan materi adalah praktisi pemberdayaan Ir. Yuspianor dan Ketua Asosiasi Petani Cabai Rawit Hiyung Kabupaten Tapin, Junaidi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pulang Rakernas, Bang Dhin: Masyarakat Ingin MHM Maju Gubernur
apahabar.com

Kalsel

Malam Tahun Baru, Pemko Kembali Gelar Banjarmasin Bersholawat

Kalsel

Fakta Baru Viral Video Indehoy Sepasang Kekasih di HST, Lokasi Mulai Terkuak!
apahabar.com

Kalsel

Gangguan Jiwa Anak Akibat Gadget, Ibnu Sina: Perlu Pengendalian Orangtua
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Berpetir dan Angin Kencang di Wilayah Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Beda dari Tahun Sebelumnya, Jalan Lambung Mangkurat Sepi
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Kalsel Pagi Ini: Positif 34 Orang, PDP Bertambah Lagi!
Banjir

Kalsel

Banjir Bandang di Hantakan HST, Langgar Noor Hidayah dan Tanahnya Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com