Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

10 Negara Tawarkan Bantuan Penanggulangan Covid-19 ke Indonesia

- Apahabar.com     Rabu, 7 Juli 2021 - 20:52 WITA

10 Negara Tawarkan Bantuan Penanggulangan Covid-19 ke Indonesia

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Teuku Faizasyah. Foto-Dok. Kemlu RI

apahabar.com, JAKARTA – Sampai saat ini ada lebih dari sepuluh negara yang menawarkan bantuan untuk penanggulangan lonjakan kasus Covid-19.

Menurut Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, pemerintah saat ini terus berupaya menangani peningkatan kasus Covid-19, dengan menerima tawaran bantuan dari beberapa negara sahabat.

“Hingga tanggal 7 Juli 2021, tercatat tawaran bantuan lebih dari 10 negara dan 3 entitas non-pemerintah, berupa alat-alat kesehatan dan vaksin Covid-19,” kata Faizasyah dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (7/7).

Meski begitu, Kemenlu tidak merinci negara mana saja yang memberi bantuan kepada Indonesia.

Guna mempercepat penanggulangan lonjakan kasus Covid-19, Faizasyah mengatakan Kemenlu terus berkoordinasi lintas kementerian, lembaga negara dan badan usaha milik negara.

“Kemlu telah berkoordinasi secara intens dengan Kemenkes, Kementerian BUMN, Kemenkeu dan BNPB untuk menentukan penilaian kebutuhan (needs assessment) yang diprioritaskan, serta kelancaran penerimaan bantuan pada waktunya di Indonesia,” ujar Faizasyah.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, kemarin mengatakan pemerintah sudah menjalin kontak dengan Singapura dan China untuk meminta bantuan jika perkembangan kasus Covid-19 di tanah air semakin memburuk.

“Kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok, dan komunikasi juga dengan sumber-sumber lain. Jadi, sebenarnya semua secara komprehensif sudah kita lakukan,” kata Luhut dalam jumpa pers daring, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, kemarin.

Luhut menyampaikan pemerintah membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan negara lainnya. Dia menyebut Pemerintah Indonesia terus mencari cara menghadapi puluhan ribu kasus per hari.

“Kalau kasus ini lebih daripada 40-50 ribu kita tentu akan membuat skenario siapa yang kita akan mintai tolong. Sudah mulai kita approach ini semua,” ujarnya.

Menurut data Satgas Covid-19, pada hari ini terjadi penambahan kasus positif baru sebanyak 34.379 pasien. Hal itu membuat total kasus covid-19 di RI menembus 2.379.397 kasus sejak awal pandemi.

Angka kematian harian juga bertambah sebanyak 1.040 pasien, membuat total angka kematian mencapai 62.908 orang.

Sementara itu pasien sembuh bertambah 14.835 hari ini membuat total pasien sembuh sebanyak 1.973.388 orang.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polisi: Tersangka Pengedit Ma’ruf Amin ‘Sinterklas’ Tokoh Pesantren
apahabar.com

Nasional

LSI: Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Relatif Stagnan
Vaksinasi Covid-19

Nasional

Menkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Tembus 16,5 Juta Dosis
apahabar.com

Nasional

BPPTKG Sebut Konsentrasi Gas CO2 Gunung Merapi Meningkat
apahabar.com

Nasional

Tanggapi Video Sandera WNI Menangis, Kemlu Upayakan Pembebasan
apahabar.com

Nasional

Polisi Enggan Beberkan Aib Pengusaha yang Pakai Jasa Vanessa Angel
HIPMI

Nasional

Hipmi Sambut Baik Rencana Bantuan Kredit untuk UMKM Parekraf
apahabar.com

Nasional

Kapolri Idham Azis Tegaskan Penuntasan Kasus Djoko Tjandra Komitmen Hukum Sekaligus Bersih-bersih Polri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com