Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan Duduk Perkara Viral Wanita Kurau Dibegal hingga Pingsan Depan Basarnas Banjarbaru Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang

20 TKA China Masuk RI di Masa PPKM Darurat, Ada Apa?

- Apahabar.com     Selasa, 6 Juli 2021 - 08:03 WITA

20 TKA China Masuk RI di Masa PPKM Darurat, Ada Apa?

20 TKA China masuk Indonesia di saat PPKM Darurat. Foto-Detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Di saat pemerintah Indonesia sedang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China dikabarkan masuk ke wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (3/7) kemarin.

Kabar tersebut sempat ramai diperbicangkan di media sosial. Lantas, seperti apa faktanya? Berikut 3 fakta peristiwa tersebut seperti dilansir Detik.com, Selasa (5/7):

1. Lokasi Proyek

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjelaskan tujuan masuknya TKA asal China ke Indonesia. Mereka untuk bekerja membangun proyek strategis nasional smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulsel.

“20 TKA tersebut merupakan calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Senin (5/7/2021).

2. Sudah Karantina

Angga menjelaskan bahwa sejumlah TKA China tersebut sudah memasuki Indonesia sebelum masa PPKM darurat di Jawa dan Bali. Mereka sebelumnya menjalani karantina 14 hari di Jakarta sebelum tiba di Sulsel.
“Berdasarkan pantauan di lapangan diketahui bahwa seluruh TKA masuk ke Indonesia dan telah melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021,” jelasnya.

3. Pesawat yang Digunakan TKA China

Setelah melalui masa karantina, TKA tersebut lalu mendarat di Bandara International Makassar Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 20.25 WITA dari Jakarta.

Sejauh ini, total tercatat 46 TKA asal Tiongkok telah memasuki Sulawesi Utara, termasuk 20 orang yang datang pada Sabtu (3/7) tersebut, sembilan orang pada 29 Juni, dan 17 orang pada 1 Juli.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Mahfud MD Sebut Ketum Demokrat Sampai Saat Ini AHY
apahabar.com

Nasional

Sehari Pasca Kim Muncul, Korut-Korsel Baku Tembak
apahabar.com

Nasional

Brian May Queen Kirim Doa untuk Band Seventeen
apahabar.com

Nasional

Anak Krakatau Keluarkan Asap Hitam Setinggi 5 Ratus Meter

Nasional

Gunung Semeru Meletus, Semburkan Awan Panas hingga Terdengar Suara Gemuruh
Covid-19

Nasional

Pasien Sembuh dari Covid-19 Nasional Tembus 500 Ribu, Simak Sebarannya
apahabar.com

Nasional

Shopee Hapus Layanan Penjualan Uang Baru Rp75.000
Industri Kesehatan

Ekbis

Rumit, Menteri Agus Ungkap Penyebab Industri Kesehatan Sulit Berkembang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com