Tok! Banjarmasin Esok PPKM Level IV, Berikut Ketentuannya Meninggal di Rumah, Guru Khalil Sempat Tak Sadarkan Diri Sejak Kamis Dikenal Karismatik, Alumni Ponpes Darussalam Sukses Jadi Bupati Banjar Kini Telah Tiada Ibnu Sina Ingin Penerapan PPKM Level IV Banjarmasin Lebih Humanis Perkelahian di Lapo S Parman Banjarmasin, Seorang Pemuda Tertusuk

Antusias Tinggi Warga Tapin Program Vaksinasi Massal, Dinkes Minta Masyarakat Bersabar

- Apahabar.com     Kamis, 15 Juli 2021 - 22:00 WITA

Antusias Tinggi Warga Tapin Program Vaksinasi Massal, Dinkes Minta Masyarakat Bersabar

Warga Tapin saat dilakukan vaksinasi tahap pertama. Foto-apahabar.com/sandy

apahabar.com, RANTAU – Vaksinasi dari desa ke desa yang dilakukan oleh Puskesmas Tapin Utara disambut antusias masyarakat. Namun karena keterbatasan vaksin yang ada kegiatan terpaksa terhenti.

Sejak dimulainya pelaksanaan vaksinasi massal untuk masyarakat umum antusias masyarakat di Tapin cukup tinggi.

Rata-rata ratusan warga datang ke kantor desa untuk mendapatkan vaksin, namun saat ini program vaksinasi keliling dari desa ke desa di kecamatan Tapin Utara terpaksa dihentikan.

“Untuk vaksinasi di desa sementara kita ditunda dulu, karena ketersediaan vaksin kita belum cukup,” terang Kepala Puskesmas Tapin Utara, Sugeng.

Ia mengatakan pada awalnya vaksinasi ke desa ditargetkan untuk lansia, namun antusias warga cukup tinggi, sehingga semua yang datang divaksin.

“Karena antusias masyarakat cukup tinggi, sebenarnya untuk lansia tapi ini ada sasaran dari masyarakat lain terutama kelompok rentan jadi tetap kita laksanakan dengan catatan vaksinasi tersedia,” ujarnya.

Padahal dari 16 desa dan kelurahan di kecamatan Tapin Utara, baru 6 desa atau kelurahan yang di vaksinasi. Bahkan beberapa desa baru dosis pertama.

“Ada sekitar 10 desa dan kelurahan, masih banyak. Saya berharap kegiatan vaksin ini bisa berjalan lancar dan masyarakat yang menjadi sasaran vaksin bersedia divaksinasi,” harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin, Nurul Hidayah mengatakan ditundanya kegiatan vaksinasi dikarenakan ketersediaan vaksin yang didapat cukup sedikit dari awal.

“Padahal untuk vaksinator sendiri di Tapin cukup banyak, tidak hanya itu antusias masyarakat untuk di vaksin cukup tinggi, bahkan ada beberapa masyarakat yang mendatangi langsung ke Dinas Kesehatan untuk divaksin,” jelasnya.

Nurul Hidayah mengatakan kepada masyarakat Kabupaten Tapin agar bersabar sampai ketersediaan vaksin tersedia.

“Baru tercapai 10 persen dari target dikarenakan jumlah vaksin yang didapat sejak awal cukup sedikit. Untuk saat ini program vaksinasi dosis pertama terpaksa dihentikan,” ujarnya.

Ia mengatakan vaksin yang akan datang nanti akan diperuntukkan bagi masyarakat. “Waktunya belum bisa ditentukan, intinya harus bersabar,” tutupnya.

Diketahui, Kabupaten Tapin yang menargetkan 146.077 orang untuk program vaksinasi massal, baik tenaga kesehatan, pelayanan publik, pejabat pemerintah maupun masyarakat umum, hanya mencapai 10 persen dari target.

Adapun 10 persen yang tercapai dari target yakni untuk dosis pertama diberikan untuk 16.007 orang sedangkan untuk dosis kedua 7.687 orang jadi totalnya 23.694 orang.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Lulus Passing Grade, Pelamar CPNS Masih Diadang Seleksi

Kalsel

Lulus Passing Grade, Pelamar CPNS Masih Diadang Seleksi
apahabar.com

Kalsel

DLH Banjar Sorot Limbah Medis Infeksius Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Siang Ini Prediksi BMKG Hujan Lagi

Kalsel

Rencana Pambakal Kampung Buku Setelah Terpilih Jadi Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin

Kalsel

Sungai di Martapura Meluap, Beberapa Desa Kebanjiran
apahabar.com

Kalsel

Karang Bintang Siapkan Tempat Karantina di Setiap Desa
apahabar.com

Kalsel

Satpam BRI Gambut Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup 14 Hari
apahabar.com

Kalsel

Digoyang Isu Penonaktifan, Akbid Martapura Tetap Rekrut Mahasiswa Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com