Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

Arab Saudi Sukses Laksanakan Haji 2021 Tanpa Penularan Covid-19

- Apahabar.com     Jumat, 23 Juli 2021 - 15:28 WITA

Arab Saudi Sukses Laksanakan Haji 2021 Tanpa Penularan Covid-19

Haji masa pandemi Covid-19. Foto-AFP

apahabar.com, JAKARTA – Pada musim Haji kali ini, pemerintah Arab Saudi masih menerapkan berbagai pembatasan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dengan membatasi jumlah jemaah sebanyak 60 ribu, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan keberhasilan pelaksanaan Haji 2021 yang bebas dari penularan Covid-19 dan penyakit lainnya, seperti dilansir Saudi Press Agency, Jumat (23/7/2021).

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengaitkan keberhasilan ini dengan sistem fasilitas kesehatan yang terintegrasi di tempat-tempat suci, ambulans yang sangat lengkap, dan tim yang berkualifikasi, menurut laporan itu.

Tawfiq menambahkan, pembatasan jumlah jemaah haji dalam negeri selama musim Haji 2021 menjadi 60.000 turut berkontribusi pada kesuksesan tersebut.

Sejak 2020, Arab Saudi hanya mengizinkan calon jemaah haji yang sudah berada di dalam negeri untuk melakukan ibadah haji guna mencegah penyebaran COVID-19.

Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi tercatat turut mendaftar sebagai calon jemaah dan akan mengikuti 327 orang yang bakal ikut serta dalam ibadah haji 2021.

“Saat ini sudah terdata 327 WNI yang menjadi jemaah haji tahun ini. Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jemaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi,” kata Konsul Haji, KJRI Jeddah Endang Jumali.

Endang menjelaskan, jemaah haji yang sudah terdata tersebut terdiri atas unsur diplomat yaitu dari KBRI dan KJRI, Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi.

“Proses pendataan WNI yang berhaji tahun ini masih dilakukan. Data kita akan terus berkembang. Mungkin baru final saat wukuf di Arafah atau menginap di Mina. Jadi masih memungkinkan untuk terus bertambah,” katanya, kutip Liputan6.com.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Dianggap Menjijikkan, Durian Jadi Pajangan di Disgusting Food Musem Swedia
Vaksin

Global

Vaksinasi Massal Dimulai, Ribuan Warga Dikarantina
apahabar.com

Global

Pembicaraan Perdamaian Suriah Dimulai di Astana

Global

Mesir Temukan Kota Emas Berusia 3.000 Tahun Peninggalan Firaun
Arab Saudi

Global

Warga Arab Saudi yang Kunjungi RI Bakal Disanksi Berat
apahabar.com

Global

Di Polandia, WALHI Minta Para Kepala Negara Serius Tangani Perubahan Iklim
apahabar.com

Global

Penumpang Ini Lahirkan Bayinya dalam Penerbangan ke Istanbul
apahabar.com

Global

Putin: Pemimpin Ukraina Dalangi Bentrok Angkatan Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com