Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Banjarbaru Masuk PPKM Level IV, Wali Kota Tunggu Instruksi Presiden

- Apahabar.com     Jumat, 23 Juli 2021 - 20:57 WITA

Banjarbaru Masuk PPKM Level IV, Wali Kota Tunggu Instruksi Presiden

Banjarbaru resmi memperpanjang PPKM level IV. Foto: Dok.apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Pemkot Banjarbaru merespons cepat instruksi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Banjarbaru dilaporkan masuk status PPKM level IV.

“Kita kembali tunggu instruksi Presiden Jokowi pada 25 atau 26 Juli 2021 ini,” ujar Wali Kota Aditya Mufti Ariffin dalam siaran persnya, Jumat (23/7) petang.

Terdapat beberapa kriteria  penggolongan suatu wilayah masuk pada level II, III atau IV. Antara lain, angka indeks jumlah kematian para pasien Covid-19 maupun tingginya angka penularan virus corona.

“Kota Banjarbaru juga harus menunggu lagi soal pengumuman resmi status pandemi dari Presiden Joko Widodo serta Instruksi Kementerian Dalam Negeri. Apakah Kota Banjarbaru menggunakan PPKM level 2, 3 atau 4. Tergantung dari instruksi saja,” ujar Ovie, sapaan karibnya.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2021 yang ditandatangani Rabu (21/7) memuat sejumlah daftar wilayah di luar Jawa–Bali yang digolongkan dalam kriteria situasi pandemi level III sampai IV.

Namun, dalam dokumen tersebut tak mencantumkan Kalimantan Selatan khususnya Banjarbaru, baik pada kriteria level III atapun IV. Padahal, data KPC-PEN, Banjarbaru bersama Banjarmasin masuk status level III.

“Baru saja disampaikan oleh menteri koordinator perekonomian secara daring dan didampingi beberapa lembaga dan badan, disampaikan beberapa kab/kota yang diputuskan melaksanakan PPKM level IV (termasuk Banjarbaru),” ujar Ovie, seperti diwartakan sebelumnya.

Video conference sore tadi juga dihadiri wakil wali kota, kapolres, dandim, sekda, dan kadinkes Banjarbaru.

“Besar harapan kami untuk seluruh masyarakat Banjarbaru untuk kita bisa bersama melaksanakan ini demi kesehatan dan keselamatan kita semua, mari kita saling bahu-membahu membantu masyarakat yang terdampak,” ucapnya.

“Kami bersama forkopimda akan mencari formulasi yang terbaik dalam menjalankan PPKM level IV ini,” tutupnya.

Aturan Level IV

Pemerintah resmi menghapus istilah PPKM darurat, dan menggantinya dengan PPKM level IV atau situasi penularan komunitas dengan kapasitas respons terbatas.

Menilik ke belakang, Rabu sore, 21 Juli Pemkot Banjarbaru sejatinya bersiap memberlakukan PPKM. Mereka bahkan sudah menggodok surat keputusan bersama forum komunikasi pimpinan daerah.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Al Falah Banjarbaru Jadi Model Pesantren Ramah Anak
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Dorong Pengembangan Kain Sasirangan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hadiri Pelatihan Bordir, Ririen Nadjmi Ingatkan Protokol Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Lawan Covid-19, Grab Banjarmasin Serahkan Wastafel ke Pemkot Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Covid-19 di Banjarbaru Melandai, Korban Transmisi Lokal Pertama Sembuh!
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Bagikan Sertifikat PTSL pada Ratusan Warga
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Minta Pelaku UMKM Terus Berkreasi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ingin Tingkatkan UP2K, TP PKK Banjarbaru Kunker ke Lombok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com