Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang Detik-Detik Laka Maut Sepagar Kotabaru yang Tewaskan Reski dan Ibunya Kabar Duka, Mantan Atlet Panahan Putri Andalan Kalsel Tutup Usia

Budidaya Ikan Media Bioflok Bantu Penuhi Kebutuhan di Kabupaten HSS

- Apahabar.com     Kamis, 8 Juli 2021 - 00:22 WITA

Budidaya Ikan Media Bioflok Bantu Penuhi Kebutuhan di Kabupaten HSS

FOTO: Bupati Achmad Fikry bersama rombongan melihat langsung budidaya ikan sistem bioflok di Desa Batang Kulur Tengah Kecamatan Sungai Raya. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengapresiasi anggota Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Anugerah, Desa Batang Kulur Tengah, Kecamatan Sungai Raya, yang berhasil membantu memenuhi kebutuhan ikan segar, Rabu (7/7).
Menurut Bupati, pemerintah daerah terus mendukung teknologi untuk menguatkan pengalaman sehingga masyarakat bisa mandiri dalam usaha khususnya budidaya bidang perikanan melalui sistem bioflok.
“Saya berharap Desa Batang Kulur Tengah ini bisa menjadi kampung bioflok, semua warganya bisa memelihara ikan guna memenuhi kebutuhan pasar ikan segar di HSS,” kata Achmad Fikry.
Hal tersebut dikarenakan peminat hasil budidaya sistem bioflok diantaranya jenis ikan nila di Desa Batang Kulur Tengah sangat banyak.
“Kita lihat Pokdakan disini secara swadaya sedang mencoba budidaya bioflok selain ikan nila, ada lobster, dan ikan papuyu,” terang Bupati HSS.
Selain melihat langsung budidaya ikan, Bupati Achmad Fikry bersama Wakilnya Syamsuri Arsyad, Sekda HSS Muhammad Noor dan jajarannya bersama masyarakat melaksanakan panen ikan di Desa Batang Kulur Tengah.
Kepala Dinas Perikanan, Saidinoor menyampaikan bahwa pada bulan Desember 2020 pihaknya memberikan 7 buah kolam bioflok kepada Pokdakan Anugerah.
“Ini merupakan bantuan pemerintah pada tahun anggaran 2020, Alhamdulillah saat ini sudah berhasil berkembang menghasilkan ikan nila yang bernilai ekonomis,” jelasnya.
Saidinoor menjelaskan, ikan di kolam bioflok sangat aman dan bisa menghasilkan nilai gizi yang tinggi dibandingkan dengan kolam budidaya ikan lainnya dengan syarat sudah terbentuk dengan benar caranya.
Sedangkan untuk pemasaran, Pokdakan Anugrah hanya menunggu dari rumah atau secara langsung bertransaksi bersama konsumen dan tidak melalui tengkulak.
“Menurut laporan Pokdakan Anugrah, sampai saat ini ketersediaan ikan sangat terbatas karena banyaknya konsumen yang datang membeli langsung,” tandasnya.
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Kandangan Turun, Pembeli Masih Sepi

HSS

Wabup Bersama Kadis Kominfo Hadiri Pengukuhan ORARI Lokal HSS

HSS

Bupati-Wabup HSS Saksikan Penentuan Arah Kiblat Masjid Islamic Center
apahabar.com

HSS

Asri Anjar dari Balangan Juara Umum Napak Tilas 2019
Rapat perpanjangan PPKM Berskala Micro di Aula Rakat Mupakat Sekretariat Daerah. Foto-Istimewa

HSS

Perpanjangan PPKM Skala Mikro dan RTH Dibuka Bersyarat
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Minta Anggota Ikmasil ‘Melek’ Internet
apahabar.com

HSS

Sekda HSS Kunjungi Veteran Altri Divisi IV Pertahanan Kalimantan
apahabar.com

HSS

Warning! Sekolah di HSS Tidak Diizinkan Cairkan Dana Program Indonesia Pintar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com