Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu Jokowi Pinta Harga PCR Rp 300 Ribu, Banjarmasin Siapkan Sanksi

Bulan Bung Karno, PDIP Tapin Adakan Lomba Menanam Cabai Rawit Hiyung

- Apahabar.com     Minggu, 4 Juli 2021 - 22:57 WITA

Bulan Bung Karno, PDIP Tapin Adakan Lomba Menanam Cabai Rawit Hiyung

Panitia Lomba saat menyiapkan bibit cabai rawit Hiyung. Foto-istimewa.

apahabar.com, RANTAU – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin mengajak masyarakat mengisi kegiatan di rumah saja selama masa pandemi. Ajakn itu ditandai dengan mengadakan lomba menanam cabai rawit hiyung.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin, Yuspianor menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Bulan Bung Karno.

“Masyarakat yang mendaftar cukup antusias, cuma peserta memang kita batasi karena baru pertama melaksanakan lomba ini, jadi masih perlu beberapa penyesuaian. Diikuti 66 peserta dimulai tanggal 21 Juni hingga 31 agustus 2021,” ujarnya, Minggu (4/7).

Lebih lanjut, Yuspi mengatakan ini juga dimaksudkan sebagai upaya memasyarakatkan komoditas unggulan Kabupaten Tapin yakni cabai rawit hiyung yang sudah dikenal di tingkat nasional sebagai cabai rawit terpedas di Indonesia.

Teknis lomba yang dinamakan “Lomba Batanam Lombok Hiyung” ini adalah peserta menerima bibit anakan lombok dan pupuk organik dari panitia. Kemudian, peserta menanam dan merawat dengan kreatifitas masing-masing.

“Jadi peserta dipersilakan berinovasi dalam merawat cabai rawit dan mengirimkan foto perkembangannya tiap 2 minggu kepada panitia. Dari foto yang dikirimkan hingga tanggal 17 Agustus 2021 akan diambil 10 Peserta terseleksi yang akan dikunjungi lapangan oleh dewan juri,” terang Yuspi.

Foto kiriman peserta yang mengikuti lomba menanam cabai rawit hiyung. Foto-Istimewa

Bibit anakan lombok langsung didatangkan panitia dari petani sentra cabai rawit hiyung di Desa Hiyung, sedangkan untuk pengadaan pupuk organik panitia didukung kerjasama dengan TPS 3R KSM Mitra Bakti Binuang dan UKM binaan Bank Kalsel Cabang Rantau.

“Indikator atau parameter yang dinilai adalah kerapihan dan inovasi, performa (penampilan) serta kesehatan dan kesuburan tanaman. Panitia menyediakan hadiah berupa uang pembinaan, piala, dan sertifikat bagi pemenang,” tutupnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Natal

Tapin

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polres Tapin Dirikan 3 Pos Keamanan

Tapin

Cek Lapangan, BPBD Tapin Pastikan Banjir Mulai Surut
apahabar.com

Tapin

Tak Perlu ke Banjarmasin, Warga ‘Banua Anam’ Bisa Urus Paspor di Tapin Bulan Depan
Pedofilia Tapin

Hukum

Kasus Pedofilia di Tapin yang Sempat Trending Twitter, Segini Tuntutan JPU
Parigi Padang

Tapin

Diduga Gegara Obat Nyamuk, Rumah di Parigi Padang Tapin Hangus

Tapin

Belasan Babinsa Kodim 1010/Rantau Serap Ilmu Wartawan Tapin

Tapin

Bupati Tapin Optimis Perpustakaan Seharga Rp 10 Miliar Selesai Akhir Tahun
Lansia Tenggelam

Kalsel

Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com