BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

Bupati Achmad Fikry Serahkan Bantuan Program Unggulan di Kabupaten HSS

- Apahabar.com     Jumat, 9 Juli 2021 - 16:39 WITA

Bupati Achmad Fikry Serahkan Bantuan Program Unggulan di Kabupaten HSS

Bupati Achmad Fikry didampingi Wakil Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan sosial kepada warga Kecamatan Padang Batung dan Loksado. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan dua program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yakni rumah sejahtera dan batuan usaha ekonomi produktif bagi warga Kecamatan Padang Batung dan Loksado, Jumat (9/7).

Penyerahan bantuan yang bertempat di Aula Kecamatan Padang Batung ini dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS Nordiansyah.

Bantuan program rumah sejahtera (PRS) tahun 2021 diberikan kepada 352 warga yang tersebar di 11 Kecamatan se Kabupaten HSS melalui dana APBD.

Noordiansyah mengatakan, usulan penerima PSR Rp13.908.000 tersebut sebelumnya 500 orang, namun setelah di verifikasi mengerucut menjadi 352 yang layak menerima.

“Ada beberapa faktor yakni karena meninggal dunia, mendapatkan bantuan sosial dari provinsi dan desa, dan mendapatkan bantuan dari warga dan rumahnya sudah diperbaiki sendiri,” ujarnya.

Sedangkan bantuan usaha ekonomi produktif atau EUP yang ditetapkan melalui APBD 2021, sebanyak 140 orang dan setelah dilakukan verifikasi hanya 34 orang yang berhak menerima bantuan.

“Mereka yang tidak tidak lolos verifikasi, karena dianggap mampu, sudah pernah mendapatkan bantuan dan meninggal dunia,” jelas Nordiansyah.

Bupati HSS, Achmad Fikry menambahkan, bantuan PRS dan UEP diberikan untuk tahun ke 7 menjadi dua periode, agar masyarakat bisa menempati rumah yang lebih layak dari sebelumnya.

“Kalau bupati tinggal di rumah layak huni, masyarakat juga harus tinggal di rumah layak huni,” ujar Bupati HSS didampingi Wakilnya.

Pemkab HSS secara bertahap membangun rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang beruntung, sehingga bisa tinggal di rumah yang lebih layak dengan nyaman dan bisa melaksanakan ibadah khusyuk.

Selanjutnya untuk bantuan UEP diberikan bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha sehingga bisa meningkatkan penghasilan.

“Bagi masyarakat yang ingin pinjam modal usaha, kita akan fasilitasi dengan pihak perbankan,” imbuhnya.

Bupati bersyukur, di tengah pandemi Covid-19 dana bantuan sosial masih bisa dipertahankan dan anggaran yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak di-refocusing.

“Alhamdulilah hubungan dengan DPRD HSS sangat baik dan mendukung kegiatan pemerintah daerah,” tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Achmad Fikry

HSS

Bupati Achmad Fikry Hadiri Syukuran HUT Bhayangkara ke-75 di Mapolres HSS
apahabar.com

HSS

Biasakan Anak Bawa Bekal Serta Makan Sayur dan Buah
Malam Takbiran

HSS

Achmad Fikry: Tak Ada Perayaan Malam Takbiran di Kandangan
apahabar.com

HSS

32 Anggota Paskibraka HSS Dikukuhkan
Dalam Pagar

HSS

Komitmen Dalam Dunia Pendidikan, Bupati HSS Resmikan Ponpes Dalam Pagar Kandangan
apahabar.com

HSS

Lewat Video Conference, Achmad Fikry Beri Semangat Tenaga Medis
apahabar.com

HSS

Kabar Baik! Lansia Positif Covid-19 Asal HSS Dinyatakan Sembuh
Elektronik

HSS

Tahun Ini, Diskominfo HSS Targetkan Seluruh SOPD Sudah Ajukan Sertifikat Elektronik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com