Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total Kunjungi Tanbu, Warga Berharap Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Pulau Burung Truk Terbalik di Balangan Belum Dievakuasi, 8 Jam Listrik Padam

Bupati HSS Serahkan Bantuan Rumah Swadaya Masyarakat Kurang Mampu

- Apahabar.com     Jumat, 2 Juli 2021 - 16:26 WITA

Bupati HSS Serahkan Bantuan Rumah Swadaya Masyarakat Kurang Mampu

Bupati Achmad Fikry memberikan sambutan dalam penyerahan buku tabungan BSRS bersama Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah HSS dan masyarakat. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan bantuan stimulan rumah swadaya (BSRS) program Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) bagi masyarakat kurang mampu di Desa Barang, Kecamatan Kandangan, Jumat (2/7).

Menurut Bupati Achmad Fikry, bantuan tersebut diberikan sebagai upaya mempercepat terpenuhinya pembangunan rumah-rumah yang layak di Kabupaten HSS.

“Program percepatan pembangunan rumah layak huni ini dari Kementerian PU, Dinas Sosial, Dispera KPLH dan Kementerian lainnya,” jelasnya.

Bupati HSS menyampaikan untuk mendapatkan bantuan syaratnya cukup ketat, yakni memiliki penghasilan dan tanah sendiri. Tetapi untuk bantuan Dinas Sosial syaratnya cukup longgar.

“Untuk bantuan Dinas Sosial, tanah pinjaman bisa mendapatkan bantuan,” kata Achmad Fikry.

Bupati berharap bantuan yang diberikan bisa mempercepat terpenuhinya masyarakat memiliki rumah layak huni.

“Semoga dengan bantuan dana sebesar Rp20 juta, mereka bisa membangun rumah layak huni ketimbang yang ditempatkan saat ini,” harap Bupati.

Bupati Achmad Fikry menambahkan penerima bantuan diharapkan bisa menjadi duta vaksinasi Covid-19 untuk menekan penularan virus corona yang masih terjadi hingga saat ini.

“Mari kita dukung program vaksinasi, dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pesan Bupati HSS.

Sementara Kepala Dispera KPLH HSS, Ronaldy Prana Putra mengatakan sebanyak 134 menerima rehab rumah tahun anggaran 2021 tersebar di 6 desa dan kelurahan.

Syarat mendapatkan BSRS memiliki ketentuan yang bersifat dinamis. Ada yang sudah diperbaiki pada beberapa tahun lalu, tetapi ada ketentuan di atas 10 tahun baru bisa dilakukan rehab kembali.

“Kalau rumah rusak di bawah 10 tahun, maka akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial untuk di atas supaya rumah warga yang rusak di perbaiki sehingga layak huni,” ujar Ronaldy.

Berdasarkan data, total rumah yang sudah direhab di Kabupaten HSS sebanyak 1.349 yang terdiri dari program BSRS, BRS dan Rumah Sejahtera Dinas Sosial.

“Tiga program itulah yang menyasar rehab rumah warga miskin di Kabupaten HSS,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Harapan Akhmad Fikry kepada Anggota Karang Taruna HSS
apahabar.com

HSS

Lagi, Bupati HSS Hadiri Sertijab 4 Camat
apahabar.com

HSS

Lantik 123 Pejabat Fungsional, Bupati HSS Ingatkan Pejabat Lama Kembalikan Aset Pemkab
apahabar.com

HSS

Bahas Covid-19, Bupati HSS Video Conference dengan Gubernur
apahabar.com

HSS

DWP Setda HSS Peduli, Berbagi Sembako Untuk Lansia dan Warga Kurang Mampu
apahabar.com

HSS

Bakat Seni Ratusan Anak SD di HSS Diadu, Berikut Pemenangnya!
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru
apahabar.com

HSS

Sabet Juara 1 Lomba Masak, PKK HSS Wakili Kalsel di Tingkat Nasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com