Duel Maut, Kakek Aniaya Tetangga hingga Tewas di Banjarmasin Terancam Hukuman Berat Ke Kalsel, Jokowi Tak Hanya Resmikan Jembatan Sei Alalak Prokes Dilonggarkan, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram Geger! Warga Hilir Kotabaru Temukan Mayat Bayi dalam Kardus Setelah Kakak, Sang Adik yang Hilang di Hampang Kotabaru Ditemukan Meninggal

Cyber Security Kalsel Siap Tangkal Kejahatan Dunia Maya

- Apahabar.com     Selasa, 6 Juli 2021 - 17:27 WITA

Cyber Security Kalsel Siap Tangkal Kejahatan Dunia Maya

Kegiatan penandatanganan kesepahaman bersama antara Ditintelkam Polda Kalsel dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel dan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Kalimantan Selatan (Kalsel) siap menangkal tindak kejahatan dunia maya atau cyber crime.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kesepahaman bersama antara Ditintelkam Polda Kalsel dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel dan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

“Diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan dari cyber security untuk mencegah serangan-serangan siber [cyber] di Kalsel,” ujar Panit III Subdit Kamsus Ditintelkam Bidang Siber Polda Kalsel, Ipda Muhammad Dicky Khairil, Selasa (6/7).

Seperti diketahui, pesatnya perkembangan teknologi di era digitalisasi ini juga diiringi dengan semakin maraknya kejahatan dunia maya atau cyber crime.

Untuk itu, peran cyber security diharapkan mampu lebih ditingkatkan agar dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kejahatan di dunia maya, khususnya di Kalimantan Selatan.

Maraknya kejahatan Siber di sosial media diminimalkan atau ditekan oleh Ditintelkam Polda Kalsel dengan rutin melakukan pencegahan melalui patroli siber setiap harinya.

“Di mana nantinya hasil temuan kami tersebut akan dilaporkan ke pimpinan untuk dilakukan tindak lanjuti,” katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga siap menerima laporan masyarakat terkait adanya kejahatan siber di dunia maya yang disinyalir melanggar Undang-Undang ITE.

Dalam mendukung hal ini, Kepala Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor, mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk cyber security di lingkup Pemrov untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan siber dunia maya.

“Di provinsi, kami sudah membentuk tim cyber security. Ke depannya kami juga berharap dapat membentuk tim cyber security di setiap kabupaten/kota untuk memperkuat pencegahan kejahatan dunia maya,” ungkapnya.

Untuk memaksimalkan peran cyber security di kabupten/kota nantinya, ia berharap dapat bekerja sama dengan Polres setempat sehingga memudahkan dalam melakukan pencegahan serangan siber.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik ULM, Dr Bani Noor Muchamad mengapresiasi atas terjalinnya kerja sama tersebut.

Bani mengatakan pihaknya akan mendorong mahasiswa untuk melakukan program magang, baik ke Polda Kalsel maupun Diskominfo Kalsel.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Harga Elpiji di Banjarbaru Selangit, Cek Faktanya!
apahabar.com

Kalsel

Pancasila Jadi Benteng Halau Gempuran Paham Radikal
apahabar.com

Kalsel

Paripurna DPRD Banjarbaru, Bahas Soal Karhutla
Pembelajaran Tatap Muka

Kalsel

Sesuai Kalender Pendidikan, Pembelajaran Tatap Muka di Batola Dimulai 4 Januari 2021
Bharatu Supian

Kalsel

Gugur Bertugas di Papua, Bharatu Supian Dimakamkan di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Dinkes Banjar Luncurkan Simolek, Ini Kelebihannya
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Tapin dan Tujuh Wilayah Kalsel Lainnya Diprakirakan Hujan Lagi
apahabar.com

Kalsel

Klarifikasi Ketua FGHSN Banjarmasin Soal Guru Honorer Diupah Rp150 Ribu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com