3 Profesor Bertarung di Pilrek UIN Antasari, DEMA-Senat Beri Sederet Catatan Kritis Arab Saudi Izinkan Wisatawan Asing Masuk Mulai 1 Agustus, Intip Syaratnya Siap-siap! Sejumlah Kawasan Banjarmasin Timur Bakal Alami Gangguan Air Bersih Jokowi: Lompatan Kasus Covid-19 Bisa Direm karena PPKM DITANGKAP! Pengeroyok-Penusuk Remaja di Warung Miras Banjarmasin

Dewan Kalsel Apresiasi Kinerja Pemkab Kotabaru Bikin Ekonomi Banua Bergairah

- Apahabar.com     Sabtu, 10 Juli 2021 - 22:28 WITA

Dewan Kalsel Apresiasi Kinerja Pemkab Kotabaru Bikin Ekonomi Banua Bergairah

Anggota DPRD Kalsel, Yani Helmi mengapresiasi kinerja Pemkab Kotabaru menggairahkan perekonomian banua. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang berkomitmen dalam membangkitkan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Salah satunya ditunjukkan dengan digelarnya Festival Budaya Saijan (FBS) selama tiga hari yaitu 9-11 Juli 2021. Acara ini resmi dibuka secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Jumat (9/7) malam lalu

Pembukaan FBS yang dipusatkan di Pantai Gedambaan itu dihadiri Bupati Kotabaru Sayed Jafar, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Syaripuddin, Anggota DPRD Kalsel M. Yani Helmi dan Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Alhamdulillah malam tadi (Jum’at 09/07), kami diundang Bupati Kotabaru untuk menghadiri acara pembukaan Festival Budaya Saijan (FBS). Tentunya hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua karena acara ini masuk dalam rangkaian event nasional,” kata Wakil Rakyat Provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) 6 yang meliputi Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu itu kepada wartawan, Sabtu (10/07) di ujung telpon.

Paman Yani biasa dia disapa mengungkapkan dalam acara pembukaan FBS tersebut disampaikan bahwa Kabupaten Kotabaru memiliki berbagai potensi wisata. Mulai dari wisata lautan, wisata pesisir, snorkeling, wisata pulau-pulau, wisata pegunungan, air terjun, serta kekayaan seni dan budayanya.

Namun di sisi lain, ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kotabaru khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya agar selalu menjaga kelestarian alam dan bijaksana dalam mengeksplorasinya.

“Supaya anak cucu kita nantinya masih tetap bisa menikmatinya,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah diminta untuk membatasi perkebunan-perkebunan seperti kelapa sawit dan karet agar hutan tetap lestari.

“Kalau memang kawasan itu ditetapkan untuk perkebunan, silakan saja dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya. Asal jangan membabat hutan yang dilarang pemerintah untuk perkebunan seperti hutan lindung agar tetap terjaga kelestariannya,” jelasnya.

Paman Yani juga meminta destinasi wisata menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan baik, seperti membatasi jumlah pengunjung, menghindari kerumuman, menyediakan tempat mencuci tangan, sabun, hand sanitizer. Sambil pemerintah daerah melalui tim satgas terus memantau perkembangan kasus Covid-19.

“Jika terjadi lonjakan kasus yang signifikan di daerah tersebut, baiknya wisata ditutup dan dibuka kembali jika kasus sudah melandai. Hal ini sebagai upaya mewujudkan kepariwisataan aman di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sentra Kelautan dan Perikanan

DPRD Kalsel

Wakil Rakyat Kalsel Dukung Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu
apahabar.com

DPRD Kalsel

Kinerja Belum Gereget, DPRD Panggil 2 BUMD ke Rumah Banjar
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Tak Ingin Raperda Desa Wisata Sekadar Formalitas
apahabar.com

DPRD Kalsel

Optimalisasi Pengelolaan Alur Sungai Barito, Komisi III Kalsel ke Pelindo

DPRD Kalsel

VIDEO: Demo Mahasiswa Kalsel, Dewan Sepakat Tolak Revisi UU KPK dan KUHP

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Hasanuddin Murad Bantu Korban Kebakaran di Tamban
Hasanuddin Murad

DPRD Kalsel

Lestarikan Budaya Banua dan Kearifan Lokal, Simak Ajakan Hasanuddin Murad untuk Pelaku Seni di Batola

DPRD Kalsel

Evaluasi Pendapatan Daerah, Paman Yani Soroti Pajak Air Permukaan Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com