BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

Dinkes Banjar dan Manis Bepating Selaras Perangi Stunting

- Apahabar.com     Kamis, 15 Juli 2021 - 17:20 WITA

Dinkes Banjar dan Manis Bepating Selaras Perangi Stunting

Ilustrasi stunting. Foto-Antara

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar miliki program selaras dengan Manis Bapanting untuk memerangi anak gizi buruk dan stunting di Kabupaten Banjar.

Dijelaskan Kepala Dinkes Banjar dr Diauddin, program tersebut bernama Kelompok Relawan Menuju Anak Indonesia Sehat Bebas Stunting (Kawan Manis Best).

Dimana program ini sebagai pelopor di setiap wilayah Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Banjar, untuk mensosialisasikan pencegahan stunting kepada masyarakat.

Kepala Dinkes Banjar dr Diauddin. Foto-Istimewa

“Intinya inovasi yang kita akan bentuk yaitu Kawan Manis Best ini untuk men-support dan mempercepat penanganan stunting,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr Dia mengatakan, karena jika dari satu pihak saja yang bergerak maka akan lambat dalam penanganan stunting dan juga masalah gizi di Kabupaten Banjar.

Selain itu, dari sisi kesehatan, Dinkes Banar hanya bisa menyumbangkan sebanyak 30 persen sedangkan untuk 70 persen lainnya, perlu dari dukungan lini sektor lain.

Dr Dia juga menjelaskan, terkait angka stunting di Kabupaten Banjar pada tahun 2020 lalu berada pada posisi ke 11 di antara 13 kabupaten kota yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Jika dari tingkat jumlah angka stunting daerah kita berada di 11 terendah, dan kalau dari presentasi berada di angka 20 persen, masin di bawah standar tingkat nasional yang mana standarnya 24 persen,” ungkapnya.

Namun, permasalahan stunting ini menurutnya harus lebih ditekan lagi, jika berdasarkan target 2024 nanti, maka Kabupaten Banjar harus bisa mencapai 14 persen angka stunting di Kabupaten Banjar.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terkuak, Motif Pengumbar Kebencian soal PSBB di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Ditarget Sebulan Penuhi Syarat untuk Kantongi IMB Parkir  

Kalsel

Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus
apahabar.com

Kalsel

Imbas Corona, Biddokkes Polda Kalsel Pending Sejumlah Agenda
MoU

Kalsel

Arutmin Kintap dan ULM Teken MoU Kerja Sama Perikanan & Kelautan
apahabar.com

Kalsel

Diskusi Antar Iman, Konsolidasi Bangsa Pasca Pemilu 2019

Kalsel

Lagi, Kalimantan Selatan Dikepung Asap
apahabar.com

Kalsel

Dukung Pengembangan Destinasi Goa Lowo, Indocement Fasilitasi Bimtek Pokdarwis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com