Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu Jokowi Pinta Harga PCR Rp 300 Ribu, Banjarmasin Siapkan Sanksi

Dipimpin Said Ismail, DPRD Tanbu Sampaikan 4 Raperda Inisiatif

- Apahabar.com     Kamis, 1 Juli 2021 - 17:45 WITA

Dipimpin Said Ismail, DPRD Tanbu Sampaikan 4 Raperda Inisiatif

Rapat paripurna DPRD Tanah Bumbu. Foto-Humas DPRD Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna penyampaian 4 rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif.

Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Khollil Alydrus, dihadiri Asisten Perekonomian Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo, yang mewakili bupati, Kamis (1/7).

Saat rapat, Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, melalui Ketua Bapemperda, Andi Erwin Prasetya, membacakan naskah 4 raperda inisiatif dewan.

4 raperda inisiatif yang disampaikan yakni raperda tentang pengembangan ekonomi kreatif, raperda tentang penyelenggaraan tempat pelelangan ikan, raperda tentang pengawasan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta raperda tentang fasilitasi penyelenggaraan pesantren dan beasiswa santri.

Andi Erwin menjelaskan melalui raperda tentang pengembangan ekonomi kreatif diharapkan dapat menjadi landasan hukum yang kuat bagi perumusan kebijakan dan pengaturan kegiatan ekonomi kreatif.

Serta memberikan kepastian hukum bagi pemerintah daerah dalam menciptakan dan mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif dan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kemampuan di bidang manajemen, permodalan, teknologi dan kemampuan berkompetisi dengan memperhatikan kearifan lokal di daerah.

Selanjutnya raperda tentang penyelenggaraan tempat pelelangan ikan. Sektor perikanan seharusnya menjadi andalan dalam pembangunan di Tanah Bumbu, namun selama ini kurang mendapatkan perhatian, sehingga kontribusi dan pemanfaatannya dalam perekonomian di daerah masih kecil.

Pembangunan di sektor kelautan dan perikanan tidak boleh dipandang hanya sebagai cara untuk menghilangkan kemiskinan dan pengangguran, namun perlu ditingkatkan sebagai potensi ekonomi daerah.

Kemudian raperda tentang pengawasan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan pemerintah daerah untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Selain itu perlu adanya pengawasan terhadap lingkungan hidup yang dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung oleh pejabat pengawas lingkungan hidup daerah.

Terakhir raperda tentang fasilitasi penyelenggaraan pesantren dan beasiswa santri. Dalam hal ini dengan banyak bermunculannya lembaga swasta yang merupakan bentuk dari penyelenggaraan pendidikan masyarakat, termasuk lembaga luar sekolah yang didirikan masyarakat adalah pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang tumbuh dan meluas di masyarakat.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka menjadi penting untuk menyusun rancangan peraturan daerah Kabupaten Tanah Bumbu tentang fasilitasi pesantren dan beasiswa santri.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Wakil Ketua DPRD Tanbu Berbagi Sembako di Awal Ramadan
Tanah Bumbu

DPRD Kab Tanah Bumbu

Budidayakan Porang, DPRD Tanbu Gelar Raker bersama Dinas Pertanian
DPRD

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Ketok Anggaran Kesehatan Gratis Tahun 2021 Sebesar Rp 65 Miliar
rapat paripurna

DPRD Kab Tanah Bumbu

Perdana, Said Ismail Pimpin Rapat di Paripurna Dewan Tanbu

DPRD Kab Tanah Bumbu

Gabungan Komisi DPRD Tanbu Tinjau Lokasi Sengketa Lahan di Desa Setarap Satui
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Terima Rombongan Pansus IV DPRD Provinsi
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Apresiasi Kinerja Muhammad Alpiya Rakhman Saat Menjabat di DPRD Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com