Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021 Terungkap, Penyebab Kematian Ibu Muda di Hotel Berbintang Banjarmasin Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor

Dukung Sejuta Vaksin-PPKM Darurat, AP I Siapkan Sentra di Seluruh Bandara

- Apahabar.com     Selasa, 6 Juli 2021 - 13:23 WITA

Dukung Sejuta Vaksin-PPKM Darurat, AP I Siapkan Sentra di Seluruh Bandara

Ilustrasi bandara. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di seluruh bandara kelolaan mulai Senin (5/7) kemarin.

“Angkasa Pura I mendukung target Pemerintah dalam mewujudkan target 1 juga vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021 dengan menyediakan sentra vaksinasi di 15 bandara kelolaan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Selasa (6/7).

Sentra vaksinasi di bandara diharapkan dapat memperluas dan mempermudah masyarakat, khususnya calon penumpang untuk mendapatkan vaksin, sehingga herd immunity dapat terwujud.

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini, lanjut Faik, juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat.

Seperti diketahui, penumpang wajib
menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR sebagai syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Jawa serta Bali.

Penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing bandara, dinas kesehatan, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya.

Adapun KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan masing-masing bandara, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I,” ucapnya.

Dengan kolaborasi yang baik, Faik mengharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dapat berjalan lancar dan dapat mempercepat peningkatan presentase total masyarakat yang divaksinasi.

Untuk dapat mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi bandara Angkasa Pura I, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yaitu:

1. Vaksin yang diberikan untuk dosis pertama
2. Menunjukkan KTP Asli dan tiket/ e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan
3. Melakukan vaksinasi di bandara satu hari sebelum jadwal keberangkatan
4. Mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur

Adapun proses dan prosedur vaksinasi di bandara diperkirakan memerlukan waktu sekitar 33 menit per orang dengan rincian proses sebagai berikut:

1. Proses registrasi (5 menit): pendaftaran, pemeriksaan dokumen, mendapatkan nomor antrean, pengisian surat pernyataan
2. Proses pemeriksaan kesehatan (5 menit): pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, screening riwayat penyakit.
3. Proses vaksinasi (3 menit): pelaksanaan vaksin
4. Proses observasi (20 menit): penilaian efek samping setelah vaksin, menunggu surat keterangan vaksinasi
5. Proses penyelesaian (1 menit): mendapatkan surat keterangan vaksin dan setelahnya dapat meninggalkan lokasi vaksin

“Per 5 Juli, sentra vaksinasi sudah tersedia di 11 bandara Angkasa Pura I, sedangkan 4 bandara sisanya yaitu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Frans Kaissiepo Biak menyusul kemudian,” tuntasnya.

Sebagai informasi, berikut jam operasional dan lokasi sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I:

1. Bandara Juanda Surabaya pukul 09.00 – 13.00 WIB di lobby terminal 1 dengan vaksin Sinovac/ Astra Zeneca dan penyelenggara KKP dan RS Lanudal. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

2. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 08.00 – 16.00 WITA di lokasi eks-Genose dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP dan TNI Angkatan Udara. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

3. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pukul 09.00 – 15.00 WITA di Klinik KKP dan di lokasi eks-Genose dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

4. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pukul 09.00 – 15.00 WIB di _exhibition hall_ terminal penumpang dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP dan Dinkes Kota. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

5. Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 08.00 – 16.00 WITA di Lantai 1 terminal penumpag (Ex-food court) dengan penyelenggara vaksinasi dari KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

6. Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo pukul 09.00 – 15.00 WIB di konter _check in_ _Island A_ dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

7. Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 09.00 – 12.00 WIB di lokasi terminal kargo dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

8. Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 08.00 – 15.00 WIB di lobby stasiun kereta api bandara dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

9. Bandara Lombok Praya pukul 05.00 – 17.00 WITA di lobby keberangkatan dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara RSUD dan RSU Kota. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

10. Bandara El Tari Kupang pukul 07.30 – 16.00 WITA di lokasi eks-Concordia Lounge denggan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

11. Bandara Sentani Jayapura pukul 09.00 – 12.00 WIT di lobby keberangkatan dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara TNI Angkatan Udara. Beroperasi mulai 5 Juli 2021.

12. Bandara Frans Kaisiepo Biak pukul 07.00 – 14.00 WIT di Kantor Ex- Gapura Angkasa dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 7 Juli 2021.

13. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pukul 08.00 – 16.00 WITA di lobby keberangkatan dengan vaksin Sinovac dan penyelenggara KKP. Beroperasi mulai 9 Juli 2021.

14. Bandara Pattimura Ambon pukul 08.00 – 14.00 WIT di _hall_ kedatangan dan area perkantoran maskapai lantai 2 dengan vaksin Sinovac. Beroperasi mulai 11 Juli 2021.

15. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pukul 08.00 – 14.00 WITA di lantai mezzanine barat (eks-lokasi Genose) dengan penyelenggara KKP.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Isu Reshuffle Kabinet Kembali Berhembus, Istana Buka Suara
apahabar.com

Nasional

Duet Prabowo-Puan Dinilai Belum Harga Mati
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Dana Rp677,2 Triliun untuk Penanganan Covid-19 Dikelola Akuntabel

Nasional

Heboh Bear Brand, IDI Komentari Isi Kandungan Susu Beruang
apahabar.com

Nasional

Beraktivitas di Tengah Pandemi Covid-19, Ingat Pesan Dokter Cantik Reisa Ini
Mardani H Maming

Nasional

Anies Baswedan: Mardani H Maming Pemimpin Masa Depan
apahabar.com

Nasional

Warga Anyer Dengar Dentuman Keras dari Arah Laut
Abdee Slank

Nasional

Erick Thohir Tunjuk Abdee Slank Masuk Jajaran Komisaris Telkom
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com