BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

Fraksi Banteng Kalsel Minta Pemerintah Lebih Jeli Susun PPAS 2022

- Apahabar.com     Minggu, 18 Juli 2021 - 17:40 WITA

Fraksi Banteng Kalsel Minta Pemerintah Lebih Jeli Susun PPAS 2022

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalsel meminta penyusunan rencana kerja pemerintah daerah dalam Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) mesti produktif untuk memicu pertumbuhan ekonomi.

“Melalui plafon yang telah tersedia, saya meminta agar SKPD dapat memedomani penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2022 dengan memperhatikan dan memahami kebutuhan rill serta kondisi daerah agar daya saing, produktivitas, dan percepatan pembangunan sinergis dengan upaya pemulihan sosial ekonomi dan kesehatan sebagai dampak dari pandemi Covid 19,” kata anggota Fraksi Banteng lewat salah satu juru bicaranya, M Syaripuddin, Minggu, (18/7) siang

Wakil Ketua DPRD Kalsel mengatakan tren penguatan dan ketahanan ekonomi harus menyasar lapisan masyarakat bawah dan pelaku usaha kecil menengah.

Menurutnya penanganan pandemi Covid-19 telah mengubah rencana dan strategi pembangunan berbagai sektor yang telah dipersiapkan pemerintah. Tidak terkecuali bagi Pemprov Kalsel.

Rencana-rencana strategis yang kemudian disusun menjadi kebijakan tanggap darurat dengan memobilisasi semua sumber daya untuk mengatasi wabah Covid-19, baik dalam sektor sosial-ekonomi dan kesehatan pada seluruh lapisan masayarakat.

Kerangka ekonomi dan kesehatan menjadi aspek penting yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam upaya penanganan, pengendalian, dan pencegahan Covid 19.

Dia menjelaskan instrumen dan penyusunan dalam dokumen perencanaan daerah harus selaras dengan kebijakan pemerintah pusat serta bertujuan menghasilkan output dan outcome yang dapat mengangkat perekonomian bersamaan dengan angka penurunan prevelensi kasus positif.

Inovasi dan strategi pemerintah daerah untuk melihat secara real kondisi di wilayahnya menjadi salah satu kunci utama.

Perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program harus berada dalam koridor pemulihan ekonomi agar optimalisasi pembangunan tepat sasaran dan lebih kearah produktivitas.

Dalam dokumen PPAS tahun Anggaran 2022 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan 6 prioritas pembangunan daerah, yakni hilirisasi industri peningkatan sektor pertanian dan pariwisata, meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, memperkuat sarana prasarana dasar perekonomian, tata kelola pemerintahan, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi ketahanan bencana, serta sebagai gerbang dari food estate dan ibu kota negara baru.

Prioritas pembangunan daerah tersebut selanjutnya diurai menjadi empat fokus pembangunan, yang dipandang sebagai upaya memulihkan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat Kalimantan Selatan menjadi lebih baik.

Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran bagi perangkat daerah, menjadi pedoman bagaimana arah prioritas pembangunan dan prinsip penyusunan APBD tahun Anggaran 2022.

Dokumen PPAS yang telah disusun dan disampaikan kepada DPRD Kalsel selanjutnya dilakukan pembahasan hingga memperoleh kesepakatan bersama.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati Haornas 2020, Kapolda Kalsel Gowes Bersama Forkopimda
apahabar.com

Kalsel

Warga di Gambut Bahagia Rumah Reyotnya Dibedah
apahabar.com

Kalsel

Menghadapi Musim Panas, Bupati Tapin Imbau Perusahaan di Wilayahnya untuk Siaga
Puskesmas

Kalsel

DKBP3A Tanbu Lakukan Pembinaan Pengembangan Puskesmas Ramah Anak
Banjar

Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, Tiga Pesan Komisioner RI di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kuripan Bersama Relawan Rutin Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan
Nyabu

Kalsel

Bawa Perlengkapan Nyabu, Warga Mangkupum Tabalong Diciduk
apahabar.com

Kalsel

Kembangkan Bisnis di Bandara, Angkasa Pura Kumpulkan Ratusan Pengusaha
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com