Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Hasil Porda SOIna Kalsel; Tala Juara Umum, Tuan Rumah Posisi 4

- Apahabar.com     Minggu, 4 Juli 2021 - 23:14 WITA

Hasil Porda SOIna Kalsel; Tala Juara Umum, Tuan Rumah Posisi 4

Kontingen atlet SOIna Kabupaten Tanah Laut meraih juara umum dalam ajang Porda SOIna tingkat Provinsi Kalsel, di Martapura, Minggu (4/7). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Hasil Pekan Olahraga Daerah (Porda) Special Olympics Indonesia (SOIna) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Laut (Tala) meraih juara umum, Minggu (4/7).

Dengan raihan 10 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu, Kabupaten Tala memuncaki perolehan teratas medali.

Di urutan kedua diraih oleh Kabupaten Tapin dengan 5 medali emas dan 5 medali perak. Sedangkan di urutan ketiga, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan torehan 4 medali emas.

Sedangkan Kabupaten Banjar yang bertindak sebagai tuan rumah harus puas di posisi keempat, dengan perolehan 3 emas, 9 perak, dan 6 perunggu.

Di posisi enam, ditempati Kota Banjarbaru dengan raihan 3 emas, 2 perak, dan 5 perunggu.

Rincian juara Porda SOIna tingkat Provinsi Kalsel. Foto-istimewa.

Rincian juara Porda SOIna tingkat Provinsi Kalsel. Foto-istimewa.

Porda SOINA tingkat Provinsi Kalsel ini digelar pada 1 – 4 Juli di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, dan resmi ditutup hari ini di Borneo Futsal, Martapura.

Ada 10 cabang olahraga (cabor) yang diikuti para atlit khusus tunagrahita ini, yaitu futsal, basket, bulu tangkis, renang, bola voli, bola bocce, atletik, bola tangan, senam ritmik, hingga tenis meja.

“Anak-anak bertalenta khusus ini ternyata mereka mampu menunjukkan prestasi yang baik, dan memberikan semangat untuk kemandirian mereka sendiri, khususnya di bidang olahraga,” ujar Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir.

Nasir menjelaskan, agenda ini sebagai bentuk pembinaan dan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang akan dilaksanakan di kota Semarang, Oktober 2022 mendatang.

Selain Pornas, juga diagendakan untuk ajang Olympics World Summer Games (SOWSG) tingkat dunia yang akan digelar di Berlin, Jerman pada 2023.

“Pada pelaksanaan sebelumnya di Abu Dhabi, kontingen Indonesia meraih 11 medali emas, 3 diantaranya dari Kalimantan Selatan. Mudah-mudahan kesukuksesan kemarin juga akan diulang lagi tahun depan,” harap Nasir.

Sementara, Ketua SOIna Kabupaten Tanah Laut, Haryono menyatakan syukur atas prestaai ini. Dia menyebut sudah melakukan persiapan jauh – jauh hari dengan rutin berlatih.

“Kita sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Anak-anak sudah latihan sejak beberapa bulan lalu walaupun Soina Kabupaten Tala baru dilantik 22 Mei tadi,” kata Haryono.

Dia menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak tekait, khususnya Pemkab Tanah Laut.

“Setelah ini kami fokus untuk persiapan Pornas SOIna di Kota Semarang tahun depan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bandar Udara GSA Kotabaru Gelar Program Padat Karya
apahabar.com

Kalsel

Belasan Tahun Mengabdi, Dokter Zainal Diganjar Mutasi ke Pulau Sembilan
apahabar.com

Kalsel

Gelar Patroli, Bawaslu Tabalong Tak Temukan Politik Uang pada Pilgub Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kotabaru Geger Buaya Lagi, Giliran Eks Kades Jadi Korban
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pemecahan Rekor MURI, Ribuan Karateka Penuhi Perempatan Jembatan Merdeka
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Perusakan Reklame Banjarmasin Curi Atensi Eks Kapolri
apahabar.com

Kalsel

Mendagri Resmikan PKN GNRM di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Irwan, Pemadam yang Tewas Tersetrum Tinggalkan 1 Orang Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com