3 Profesor Bertarung di Pilrek UIN Antasari, DEMA-Senat Beri Sederet Catatan Kritis Arab Saudi Izinkan Wisatawan Asing Masuk Mulai 1 Agustus, Intip Syaratnya Siap-siap! Sejumlah Kawasan Banjarmasin Timur Bakal Alami Gangguan Air Bersih Jokowi: Lompatan Kasus Covid-19 Bisa Direm karena PPKM DITANGKAP! Pengeroyok-Penusuk Remaja di Warung Miras Banjarmasin

Ini Ciri Orang yang Rentan Terinfeksi Varian Delta

- Apahabar.com     Jumat, 16 Juli 2021 - 10:19 WITA

Ini Ciri Orang yang Rentan Terinfeksi Varian Delta

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Virus Corona varian Delta disebut menyebar sangat cepat. Ada orang-orang tertentu yang disebut sangat mudah terinfeksi.

Mengutip CNN Indonesia, Jumat (16/7), data terbaru dari Public Health England menunjukkan varian Delta saat ini merupakan virus corona yang dominan di Inggris dengan jumlah kasus mencapai 95 persen.

Berikut ciri orang rentan corona Delta: Orang yang berusia lebih muda, orang yang belum atau tidak divaksin, orang yang baru divaksin sebagian atau dosis vaksin belum lengkap.

Studi ini juga menemukan orang tua paling berisiko meninggal dunia dari infeksi virus corona varian Delta.

Data ini didapat setelah menganalisis 92.029 kasus pada Februari hingga pertengahan Juni lalu. Sekitar 83 ribu kasus terjadi pada orang berusia di bawa 50 tahun. Mayoritas atau sekitar 53 ribu orang belum divaksin.

Pada kelompok yang tidak divaksinasi, sebagian besar atau 52 ribu kasus terjadi pada usia di bawah 50 tahun. Hanya 976 kasus terjadi pada usia di atas 50 tahun. Namun, kematian tertinggi yakni 117 terjadi pada kelompok usia di atas 50 tahun.

“Studi baru-baru ini dari Inggris menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa di bawah 50 tahun 2,5 kali lebih mungkin terinfeksi Delta,” kata dokter spesialis anak Yale Medicine Inci Yildirim, dikutip dari situs Yale Medicine.

Varian Delta dikenal juga dengan B.1.617.2. Berdasarkan WHO, varian Delta pertama kali teridentifikasi di India. Karakteristik varian Delta adalah lebih cepat menyebar daripada varian lain.

Varian Delta memiliki mutasi pada lonjakan protein sehingga membuatnya lebih mudah menginfeksi sel manusia. Mutasi virus ini juga membuat gejala yang muncul berbeda dibandingkan varian lain.

Berdasarkan ZOE COVID Symptom Study terhadap pasien varian Delta di Inggris, gejala yang umum ditemukan adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk. Sedangkan kehilangan penciuman, dan sesak napas lebih sedikit dirasakan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kapolres Banjar: 22.235 Personel Gabungan Kawal Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Nasional

Temui Para Tokoh, Jokowi Melunak Soal UU KPK
apahabar.com

Nasional

Mau Daftar CPNS? Catat Tanggalnya
apahabar.com

Nasional

Sandiaga Terus Ingatkan Pendukungnya Tetap Tenang
apahabar.com

Nasional

Cair 25 Agustus, Dapat Subsidi Gaji atau Tidak, Cek Caranya
Vanessa Angel

Nasional

Keluar Rutan, Apa Kesibukan Vanessa Angel Jalani Asimilasi di Rumah?
apahabar.com

Nasional

KPK Segera Panggil Menpora Imam Nahrawi
Sri Mulyani

Nasional

Sri Mulyani Dorong Pasar Modal Beri Kontribusi Pemulihan Ekonomi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com