BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Teror Perampasan Motor di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Oknum Polisi! Sentuh Ratusan Juta, Perputaran Uang di Festival Pasar Terapung 2022 Norman Marciano Apresiasi Priska Medelyn Usai Juara Tunggal dan Ganda W15K Monastir Di Tengah Situasi Krisis Global, FAO dan IRRI Puji Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia
agustus

Ini Ciri Orang yang Rentan Terinfeksi Varian Delta

- Apahabar.com     Jumat, 16 Juli 2021 - 10:19 WITA

Ini Ciri Orang yang Rentan Terinfeksi Varian Delta

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Virus Corona varian Delta disebut menyebar sangat cepat. Ada orang-orang tertentu yang disebut sangat mudah terinfeksi.

Mengutip CNN Indonesia, Jumat (16/7), data terbaru dari Public Health England menunjukkan varian Delta saat ini merupakan virus corona yang dominan di Inggris dengan jumlah kasus mencapai 95 persen.

Berikut ciri orang rentan corona Delta: Orang yang berusia lebih muda, orang yang belum atau tidak divaksin, orang yang baru divaksin sebagian atau dosis vaksin belum lengkap.

Studi ini juga menemukan orang tua paling berisiko meninggal dunia dari infeksi virus corona varian Delta.

Data ini didapat setelah menganalisis 92.029 kasus pada Februari hingga pertengahan Juni lalu. Sekitar 83 ribu kasus terjadi pada orang berusia di bawa 50 tahun. Mayoritas atau sekitar 53 ribu orang belum divaksin.

Pada kelompok yang tidak divaksinasi, sebagian besar atau 52 ribu kasus terjadi pada usia di bawah 50 tahun. Hanya 976 kasus terjadi pada usia di atas 50 tahun. Namun, kematian tertinggi yakni 117 terjadi pada kelompok usia di atas 50 tahun.

“Studi baru-baru ini dari Inggris menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa di bawah 50 tahun 2,5 kali lebih mungkin terinfeksi Delta,” kata dokter spesialis anak Yale Medicine Inci Yildirim, dikutip dari situs Yale Medicine.

Varian Delta dikenal juga dengan B.1.617.2. Berdasarkan WHO, varian Delta pertama kali teridentifikasi di India. Karakteristik varian Delta adalah lebih cepat menyebar daripada varian lain.

Varian Delta memiliki mutasi pada lonjakan protein sehingga membuatnya lebih mudah menginfeksi sel manusia. Mutasi virus ini juga membuat gejala yang muncul berbeda dibandingkan varian lain.

Berdasarkan ZOE COVID Symptom Study terhadap pasien varian Delta di Inggris, gejala yang umum ditemukan adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk. Sedangkan kehilangan penciuman, dan sesak napas lebih sedikit dirasakan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Ketua KPK RI akan Hadiri Pelantikan JMSI Aceh
apahabar.com

Nasional

Pengakuan Pesinetron Dari Jendela SMP ke Polisi, Beli Sabu Demi Kurusin Badan
apahabar.com

Nasional

Setelah Dilan, Ma’Ruf Amin Sebut Dewi-Dedi
apahabar.com

Nasional

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Hanya Sampai Gelombang II
Vaksin

Nasional

BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Moderna
apahabar.com

Nasional

Menko Airlangga: New Normal Dilakukan Bertahap
vaksin

Nasional

Heboh Penerima Dua Tahun Meninggal Usai Divaksin, Benarkah?
apahabar.com

Nasional

Lapas Rusuh: Empat Napi Diamankan, Ratusan Masih Kabur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com