Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Jelang Iduladha, Simak Cara Pelaksanaan Kurban di Masa Pandemi

- Apahabar.com     Jumat, 2 Juli 2021 - 17:31 WITA

Jelang Iduladha, Simak Cara Pelaksanaan Kurban di Masa Pandemi

Ilustrasi hewan kurban. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Iduladha sebentar lagi. Pelaksanan kurban bakal digelar di sejumlah kabupaten/kota di Kalsel.

Namun pada masa pandemi, ada aturan baru terkait pemotongan hewan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait, seperti Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) serta petugas Rumah Potong Hewan ( RPH) se Kalimantan Selatan, dalam pelaksanaan kurban nanti.

Dia meminta pelaksanaan kurban tahun ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tim pengawas hewan kurban di kabupaten/kota juga harus menginformasikan tata laksana kegiatannya dalam masa pandemi.

“Para tim pengawas hewan kurban dapat memanfaatkan media sosial di wilayah kerja masing-masing untuk mengedukasi masyarakat agar merasa aman dan dapat mencegah penularan atau penyebaran Covid-19,” ujarnya, Jumat (2/7).

Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet Disbunnak Kalsel, Edi Santosa, menambahkan tentang pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam.

Menurutnya, penyediaan daging yang “Halalan Thoyyiban” memiliki makna bahwa daging tersebut harus memenuhi kriteria halal dan THOYIB.

“Halal artinya harus sesuai dengan syariat Islam, baik zat, cara memperoleh serta proses pengadaannya. Thoyib (baik atau bagus) artinya harus mencakup kriteria aman, sehat, utuh dan halal,” sambungnya.

Dalam pelaksanaan kurban tahun ini, kata dia, Disbunnak Kalsel tetap melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan ante mortem dan post mortem terhadap hewan yang akan dipotong di masjid atau musala.

“Nanti kami akan memantau bersama perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Kalimantan Selatan,” tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, Pj Gubernur Kalsel Safrizal meminta pelaksanaan kurban tak perlu diikuti oleh para masyarakat lainnya.

“Maksudnya cukup panitia pelaksana yang ada di lokasi pemotongan hewan kurban. Nanti setelah dipotong, paniti langsung mengantarkan ke rumah-rumah para penerima daging kurban tersebut,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemprov Kalsel

BWS Kalimantan III Akan Kembangkan Agrowisata di Embung Kampung Banjar
BRGM

Pemprov Kalsel

BRGM Instruksikan DLH Kalsel Agar Perencanaan Restorasi Gambut Masuk Program Pembangunan Daerah
Mendagri

Pemprov Kalsel

Tertinggi Nasional, Mendagri Puji Realisasi Belanja ABPD Kalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Apresiasi Pengembangan Profesionalisme Guru di Kalsel, Paman Birin Puji PGRI

Pemprov Kalsel

Siang-Malam Pejabat Pemprov Kalsel Turun Langsung Tinjau Banjir
Dispersip Kalsel

Pemprov Kalsel

Sebar Luaskan Literasi Sampai Pelosok, Dispersip Kalsel Serahkan 1001 Buku di Kotabaru

Pemprov Kalsel

Pelantikan Bupati/Walikota, Pj Gubernur Kalsel Imbau Warga Kurangi Euforia
JIATTEX Expo 2021

Pemprov Kalsel

Keren! Dinas Pariwisata Kalsel Ikut Dalam JIATTEX Expo 2021 di Yogyakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com