Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Jokowi Minta Menkeu Siapkan Anggaran 2 Juta Paket Obat Gratis

- Apahabar.com     Sabtu, 17 Juli 2021 - 20:20 WITA

Jokowi Minta Menkeu Siapkan Anggaran 2 Juta Paket Obat Gratis

Presiden RI Joko Widodo. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan anggaran untuk 2 juta paket obat gratis terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Jokowi menyebut pembelian obat dan vitamin gratis tak membutuhkan anggaran besar. Menurutnya, obat-obatan gratis sangat dibutuhkan penderita Covid-19 bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG).

“Saya minta Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) disiapkan paling tidak di atas 2 juta paket. Kan enggak mahal,” kata Jokowi pada siaran video di channel YouTube Sekretariat Presiden, dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu (17/7).

Jokowi menyebut setiap paket obat dan vitamin gratis dari pemerintah hanya menghabiskan anggaran senilai Rp63 ribu. Artinya, untuk 2 juta paket membutuhkan anggaran sekitar Rp126 miliar.

“Kan bukan anggaran yang gede tapi rakyat merasa tenang karena memiliki barangnya karena sekarang ini banyak ke Apotik, ke Pasar Pramuka barang enggak ada,” ujarnya.

Selain paket obat, Jokowi juga menekankan agar bantuan sosial baik tunai maupun sembako segera digelontorkan. Jokowi mengatakan bansos sudah harus dibagikan dalam pekan ini.

Mantan wali kota Solo itu pun meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendampingi proses pencairan bansos.

“Betul-betul percepat, saya minta Bulog dan utamanya Menteri Sosial jangan ragu-ragu karena prinsipnya adalah yang paling penting kita ini enggak nyuri, enggak ngambil,” katanya.

Jokowi telah menginstruksikan penyaluran dua paket obat dan vitamin untuk pasien Covid-19. Masing-masing paket itu terdiri 300 ribu paket. Secara total ada 600 ribu paket yang bakal diberikan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Melihat Kembali Kesibukan Jemaah di Haul Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Nasional

MUI Minta Pimpinan MPR Tak Anggap Enteng Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Bappenas Susun Peta Jalan Pembangunan Kelautan Indonesia Berkelanjutan
apahabar.com

Nasional

Brigpol Dewi Dipecat Gegara Selfie Seksi Diumbar Napi
apahabar.com

Nasional

RSD Wisma Atlet Rawat 723 Pasien Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Rocky Gerung Berulah, Mahfud Md: Saya Tidak Tertarik Omongannya
apahabar.com

Nasional

Didemo, Kaltara Bersurat ke Menteri Susi Soal Aturan Penangkapan Kepiting
apahabar.com

Nasional

Kerumunan Petamburan dan Tebet, 80 orang positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com