Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

“Jumat Keramat”, Denny Indrayana Prediksi Putusan MK

- Apahabar.com     Rabu, 28 Juli 2021 - 11:08 WITA

“Jumat Keramat”, Denny Indrayana Prediksi Putusan MK

Tim Hukum H2D, Bambang Widjojanto saat membacakan pokok permohonan di sidang perdana Gugatan Pilgub Kalsel jilid II di gedung MK lantai 4 Jakarta/ istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang pengucapan putusan atas gugatan pasangan calon nomor urut 02 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D) jilid II pada Jumat (30/7).

Melalui unggahan video di media sosialnya, Selasa (27/7) sekitar pukul 10 malam, Denny Indrayana sebagai pihak pemohon mengaku telah menerima undangan sidang yang digelar secara daring itu.

Undangan sidang secara daring itu diterima tak lama setelah hakim laksanakan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) pada Senin (26/7) lalu.

Dalam unggahan videonya Denny menyampaikan analisisnya terkait kemungkinan yang akan terjadi dalam sidang pengucapan putusan.

Denny memprediksi bahwa gugatannya kali ini bakal rontok. Dia memperkirakan Hakim MK yang diketuai Aswanto bakal menggunakan pasal 158 Undang-undang Pilkada Nomor 8 Tahun 2015.

Pasal 158 itu mengatur terkait ambang batas selisih suara sebagai syarat gugatan. Mengingat untuk ambang batas selisih suara di Kalsel hanya 1,5 persen.

Sementara hasil rekapitulasi selisih suara pasca-Pemungutan suara ulang (PSU) antara H2D dengan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel nomor urut 01 Sahbirin Noor – Muhidin (BirinMU) sebanyak 39.945 suara atau 2,35 persen.

“Karena agenda acara pembacaan putusan maka prediksi saya MK akan menerapkan pasal 158. Syarat ambang batas selisih suara,” ujar Denny dalam videonya.

Apabila putusan itu memang betul diambil MK, maka ujar Denny pihaknya selaku pemohon tentu akan menerima. Walaupun sudah sidang gugatan Pilgub Kalsel jilid II sudah disiapkan dengan matang.

“Sebenarnya kami sudah berusaha semaksimal mungkin menghadirkan bukti saksi bahkan yang dipersiapkan yang jumlah buktinya lebih dari 600. Kalau benar di sidang pengucapan Putusan MK memutuskan menolak permohonan dan tak melanjutkan ke sidang pembuktian maka itu putusan yang tak lain harus kita terima,” bebernya.

Kendati begitu, Denny masih memiliki harapan agar MK menerima gugatan dengan melihat substansi permohonan yang sebelumnya telah diajukan.

“Besar harapan MK memeriksa substansi permohonan ini dan tak hanya menjadi mahkamah kalkulator menerima laporan Bawaslu yang menyatakan tak ada politik uang. Kami sebenarnya berharap betul MK menjadi penjaga konstitusi penjaga demokrasi,” ucapnya.

Dalam video berdurasi 14 menit lebih itu, Denny juga mengucapkan terimakasih kepada wakilnya Difriadi Darjat yang telah bersedia mendampinginya mencalon sebagai kepala daerah.

Serta berterima kasih dan meminta maaf kepada seluruh pihak baik partai pengusung, pendukung, maupun relawan, dan ulama yang mendukung selama pencalonan.

“Kepada pian-pian sabarataan Ulun terimakasih yang sebesar-besarnya. Terus berjuang pembersihan politik dari politik uang,” imbuhnya

Tak lupa Denny juga menyampaikan permohonan maaf kepada Paslon nomor urut 01 BirinMU beserta tim suksesnya.

“Mungkin ada hal yang tak nyaman di hati dari lubuk hati yang paling dalam Ulun meminta maaf,” ujarnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sambut Kapolda, Polres Banjar Siap Wujudkan WBBM
apahabar.com

Kalsel

Teror Bom Medan, Portal Masuk Mapolres Banjarbaru Ditutup
apahabar.com

Kalsel

Tinjau Proyek Pengerjaan Bandara, Paman Birin: November Akan Soft Launching
apahabar.com

Kalsel

Bantu Cegah Covid-19, Dewan Tapin Pangkas Anggaran Senilai Rp2 Miliar
apahabar.com

Kalsel

BPK Star 10 Jawara Adu Tangkas Damkar se Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pastikan Kamtibmas Aman Kondusif, Polres HSU Gelar Pengamanan Salat Idul Adha
apahabar.com

Kalsel

6 Bulan Petugas Medis Covid-19 Kotabaru Tak Terima Insentif
Tekan Penderita Covid-19, Pemkab Tanbu Terima Bantuan dari Perusahaan

Kalsel

Tekan Penderita Covid-19, Pemkab Tanbu Terima Bantuan dari Perusahaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com