Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk

- Apahabar.com     Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:53 WITA

Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk

FOTO: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) Tejo Harwanto. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalsel tidak mengizinkan Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk, sekalipun PPKM Level IV seperti Jawa-Bali tak berlaku di sini.

“Walaupun kondisi pandemi COVID-19 di Kalimantan Selatan saat ini bukan di PPKM Level IV, kami harus tetap menerapkan peraturan tersebut,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel Tejo Harwanto, di Banjarmasin dilansir Antara, Jumat (23/7) kemarin.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan pembatasan TKA masuk Indonesia merupakan bagian dari Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia.

Berdasarkan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, seluruh orang asing dilarang masuk ke wilayah Indonesia selama PPKM Darurat, kecuali lima kategori berikut:
1. Orang asing pemegang visa diplomatik atau visa dinas;

2. Orang asing pemegang izin tinggal diplomatik atau izin tinggal dinas;

3. Orang asing pemegang izin tinggal terbatas atau izin tinggal tetap;

4. Orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan yang mendapat rekomendasi dari kementerian/lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan COVID-19; serta

5. Awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Tejo menjelaskan kebijakan itu berlaku kondisional, melihat situasi dan kondisi yang terjadi tergantung pada kelonggaran kegawatdaruratan COVID-19 ke depannya.

“Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia sebagaimana diatur dalam peraturan terbaru,” katanya pula.

Dengan adanya penerbitan permenkumham yang baru (Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021) ini, sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Permenkumham yang melarang TKA masuk ke Indonesia selama PPKM Level 4 mulai diberlakukan pada 21 Juli 2021 dengan masa transisi dua hari.

Adapun alasan pelarangan TKA saat pandemi COVID-19 hasil penyerapan aspirasi masyarakat. Setelah diadakan evaluasi atas aspirasi untuk selanjutnya Kemenkumham mengeluarkan kebijakan terbaru tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Tugas, Kapolres Batola Bagi Bapok
apahabar.com

Kalsel

Pemilu 2019, Polres Tapin Mulai Lakukan Pergeseran Pasukan
apahabar.com

Kalsel

Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Permintaan Hewan Korban di Banjarmasin
Apahabar.com

Kalsel

Pimpinan Kodim 1022 Tanah Bumbu Berganti
apahabar.com

Kalsel

Terdampak Covid-19, Ribuan Guru Ngaji di Kotabaru Diguyur Bantuan
apahabar.com

Kalsel

Launching Desa Berdaya Sungai Miai Banjarmasin
investasi izin miras

Kalsel

Respon Habib Banua Usai Jokowi Cabut Perpres Investasi Izin Miras
apahabar.com

Kalsel

Bersinergi, Koramil dan Polsek Alabio Gelar Pengamanan Penyaluran BST Tahap III
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com