Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Keluar Masuk Kalteng, Wajib Surat Keterangan PCR Negatif

- Apahabar.com     Jumat, 2 Juli 2021 - 00:37 WITA

Keluar Masuk Kalteng, Wajib Surat Keterangan PCR Negatif

Ilustrasi tes swab PCR. Foto-Shutterstock via Kompas.com

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Gubernur Kalteng mengeluarkan surat edaran (SE) terbaru, nomor 443.1/107/Satgas Covid-19 tentang peningkatan upaya penanganan Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah setempat.

“SE ditetapkan 28 Juni dan berlaku efektif mulai hari ini hingga 11 Juli. Nanti akan dievaluasi setelah 14 hari apakah perlu diperpanjang,” kata Ketua Plt Harian Satgas Covid-19 Kalteng Erlin Hardi, Kamis (1/7).

Ia menjelaskan SE dikeluarkan untuk mengantisipasi agar lonjakan kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah, tidak seperti Pulau Jawa dan Bali.

“Tentunya belajar dari kejadian yang ada. Kita tidak ingin daerah kita sampai terjadi seperti daerah lain, yang hampir kewalahan,”ujarnya.

Oleh sebab itu dilakukan berbagai kiat dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19, karena tidak ingin Kalteng menjadi zona tidak aman.

“Kalau sudah booming, bagaimana fasiltas kesehatan dan nakes. Kita berkaca kemarin, sebelum lebaran mampu membuat penyebaran melandai,”ucapnya.

Erlin menyebutkan, saat ini Kota Palangka Raya berada di resiko tinggi, sehingga masyarakat diminta untuk tidak abai menerapkan prokol kesehatan dan jangan menganggap Covid-19, tidak ada

“Disinilah perlunya peran serta semua untuk menerapkan prokol kesehatan disamping menggenjot vaksinasi,” pungkasnya.

Dalam SE itu memuat di antaranya untuk perjalanan perjalanan darat (transportasi/angkutan umum dan transportasi/angkutan pribadi) wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR, maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Atau surat keterangan negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan yang distempel basah.

Atau barcode dan dikeluarkan oleh klinik pemerintah atau swasta yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah atau terdaftar di Dinas Kesehatan tempat asal pelaku perjalanan sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan.

Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan yang distempel basah.

Atau barcode dan dikeluarkan oleh klinik pemerintah atau swasta yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah atau terdaftar di Dinas Kesehatan tempat asal pelaku perjalanan sebagai persyaratan perjalanan serta mengisi e-HAC Indonesia.

Pelaku perjalanan transportasi laut atau penyeberangan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan yang distempel basah.

Atau barcode dan dikeluarkan oleh klinik pemerintah atau swasta yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Kalteng atau terdaftar di Dinas Kesehatan tempat asal pelaku perjalanan sebagai persyaratan perjalanan serta mengisi
e-HAC Indonesia.

“Kecuali untuk logistik bebas. Tetapi disarankan bisa memeriksakan kesehatan meskipun dilonggarkan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Satgas Temukan Metode Baru Padamkan Karhutla, Bagaimana Caranya?

Kalteng

Jamin Tidak Byarpet, PLN UP3 Palangka Raya Siapkan 445 Petugas Siaga Listrik
Dinas Dukcapil Kapuas

Kalteng

Giliran Puluhan Pegawai Dinas Dukcapil Kapuas Divaksin Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Guru SMAN 1 Muara Teweh Sabet Penghargaan Di Mesir
apahabar.com

Kalteng

Satreskrim Polres Kapuas Kalteng Gerebek Permainan Judi Dadu Gurak di Desa Bukit Batu Mantangai
apahabar.com

Kalteng

DPP PDIP: Jangan Ada Faksi-Faksi di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Situs Pemkab Kapuas Kalteng Diretas Hacker
Covid-19

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 5 Positif, 3 Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com