Cuaca Kalsel Hari Ini, 4 Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Petir Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan

Kepemilikan KIA di Kapuas Baru 52,6 Persen

- Apahabar.com     Minggu, 11 Juli 2021 - 21:14 WITA

Kepemilikan KIA di Kapuas Baru 52,6 Persen

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai menunjukan 2 kriteria penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA). Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Jumlah anak di Kabupaten Kapuas, Kalteng, yang telah memiliki Kartu Indentitas Anak (KIA) tercatat baru sebanyak 61.053 jiwa atau 52.6 persen.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas, Sipie S Bungai mengatakan, jumlah kepemilikan KIA tersebut terhitung sampai dengan 8 Juli 2021.

“Jumlah 61.053 jiwa anak yang sudah memiliki KIA tersebut dari sebanyak 115.958 jiwa anak di Kabupaten Kapuas, dari usia nol sampai 17 tahun kurang 1 hari,” katanya kepada apahabar.com, Minggu (11/7) malam.

Dijelaskan Sipie, ada 2 kriteria bagi anak yang diberikan KIA. Pertama bagi anak usia kurang dari 5 tahun, penerbitan KIA bersaman dengan penerbitan kutipan akta kelahiran tanpa menggunakan foto.

Sedangkan kriteria kedua, usia anak 5 tahun sampai dengan 17 tahun kurang 1 hari, penerbitan KIA dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kapuas dengan menggunakan foto.

Sipei bilang, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kepemilikan kartu identitas anak di daerah setempat. Adapun upaya yang dilakukan di antaranya, bekerja sama dengan RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

“Jadi, bagi anak yang baru lahir di RSUD Kapuas langsung kita buatkan akta kelahiran dan juga KIA. Ini juga sebagai kado kelahiran,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Dukcapil Kapuas juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah, di mana kepemilikan KIA juga diberlakukan untuk persyaratan dalam tahapan memasuki masa sekolah bagi anak.

“Kami juga menyosialisasikan pentingnya pemberian identitas bagi seluruh warga negara RI mulai sejak lahir terkhusus bagi anak yang menempuh masa sekolah telah memiliki KIA,” pungkas Sipie.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Gelar Rakorda, Partai Demokrat Kalteng Solid Menangkan Ben-Ujang
apahabar.com

Kalteng

Fasilitas Tak Ada, Guru Rela Keliling Datangi Murid ke Pelosok Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Satreskrim Polres Kapuas Kalteng Ringkus Pelaku Curas di Jalan Kasturi

Kalteng

Edarkan Sabu, Warga Selat Hulu Kapuas Diciduk
apahabar.com

Kalteng

Pemanfaatan Hutan di Kalteng Baru Capai Lima Persen
PDAM Kapuas

Kalteng

Peduli Korban Banjir Kalsel, PDAM Kapuas Bantu Air Bersih
apahabar.com

Kalteng

25 Napi di Lapas Muara Teweh Terima Remisi Natal
Covid-19

Kalteng

Seorang Pasien Covid-19 di Kapuas Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com