IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Kalsel, SDN 1 Pulau Kuu Tabalong Berbenah

- Apahabar.com     Rabu, 28 Juli 2021 - 09:48 WITA

Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Kalsel, SDN 1 Pulau Kuu Tabalong Berbenah

Siswa SDN 1 Pulau Kuu diajari cara membuat lobang biopori. Foto: Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Setelah meraih meraih predikat sekolah adiwiyata Kabupaten Tabalong, kini SDN 1 Pulau Kuu di Kecamatan Muara Uya berbenah menuju sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ketua Ketua Tim Sekolah Adiwiyata SDN 1 Pulau Kuu, Husni Tamrin, mengatakan salah satu persiapan menuju hal tersebut dengan gerakan gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

“Gerakan PBLHS dapat dinilai positif karena melalui kegiatan ini warga sekolah akan mendapatkan pendidikan lingkungan hidup,” jelasnya, Rabu (28/7).

Husni bilang untuk mewujudkan dan mensukseskan gerakan PBLHS di SDN 1 Pulau Kuu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), SMAN 1 Muara Uya yang sudah masuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri.

“SMAN 1 Muara Uya juga banyak membantu dalam meminjamkan alat pelubang biopori dalam upaya memperbaiki sanitasi SDN 1 Pulau Kuu agar lebih berfungsi,” jelasnya.

Melalui gerakan PBLHS diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian individu, komunitas, organisasi dan berbagai pihak terhadap permasalahan lingkungan untuk keberlanjutan pembangunan bagi generasi sekarang dan yang akan datang, bahkan dimulai dari usia pembiasaan sejak sedini mungkin.

Hal yang pasti adalah gerakan PBLHS mestilah searah dengan tujuan pendidikan. Secara umum tujuan pendidikan yang dimaksud adalah tujuan pendidikan nasional

“Tujuan ini merupakan dasar penyusunan dari tujuan pembelajaran lingkungan hidup. Dengan berpedoman pada tujuan, maka pendidikan lingkungan hidup akan terarah sesuai target yang diharapkan,” beber Husni.

Kata Husni lagi, target dari gerakan PBLHS tidak lain adalah mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup, serta adanya peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah.

Saat ini kampanye PBLHS terus dilakukan sekolah, yaitu mengajak siswa dan wali mereka untuk menerapkan pengelolaan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

“Kami juga mengajak siswa menjaga kebersihan dan fungsi sanitasi, penghijauan,konservasi air dan konservasi energi,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kepung Lokasi Balap Liar, Polisi Tangkap 38 Pelaku dan Amankan 30 Motor
Warakawuri

Kalsel

Warakawuri dan Veteran di Banjarmasin Diberi Bingkisan
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Berbela Sungkawa Atas Meninggalnya Walikota Banjarbaru
Pemprov Kalsel

Kalsel

Pemprov Kalsel Rancang Aplikasi Smart Banjir
Bromo

Kalsel

Imbas Cuaca, Progres Pembangunan Jembatan Pulau Bromo Terhambat
apahabar.com

Kalsel

Ingat!!! Lewat Martapura Wajib Bawa KTP
apahabar.com

Kalsel

Pansus DPRD Banjarmasin Godok Raperda Kemetrologian
apahabar.com

Kalsel

Sembari Gowes Bersama, Kapolda Kalsel Komunikasi Sosial dengan Forkopimda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com