3 Profesor Bertarung di Pilrek UIN Antasari, DEMA-Senat Beri Sederet Catatan Kritis Arab Saudi Izinkan Wisatawan Asing Masuk Mulai 1 Agustus, Intip Syaratnya Siap-siap! Sejumlah Kawasan Banjarmasin Timur Bakal Alami Gangguan Air Bersih Jokowi: Lompatan Kasus Covid-19 Bisa Direm karena PPKM DITANGKAP! Pengeroyok-Penusuk Remaja di Warung Miras Banjarmasin

Paha Kambing Disukai Rasulullah, Ternyata Itu Bagian yang Paling Sehat

- Apahabar.com     Rabu, 21 Juli 2021 - 07:37 WITA

Paha Kambing Disukai Rasulullah, Ternyata Itu Bagian yang Paling Sehat

ilustrasi, paha kambing. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Paha kambing adalah makanan yang diketahui menjadi favorit Rasulullah SAW. Ternyata salah satu rahasianya, bagian tersebut adalah bagian tersehat jika dibandingkan dengan bagian kambing yang lain.

Mengutip detik.com, Rabu (21/7), hampir seluruh bagian kambing bisa dikonsumsi mulai dari kepala hingga kaki. Tapi banyak orang kerap menuding daging kambing sebagai biang kerok kolesterol.

Diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah SAW, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita, “Kami pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing, dan beliau menyukainya. Kemudian beliau menggigitnya satu gigitan.” (HR. Bukhari 3340 & Muslim 501).

Rasulullah SAW juga memiliki alasan mengapa dirinya suka makan bagian paha kambing. An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menukil keterangan al-Qadhi Iyadh.

Al-Qadhi Iyadh RA mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Bagian paha kambing diketahui merupakan bagian paling baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit lemak. Protein pada kambing terdistribusi merata pada seluruh bagian daging. Selain tinggi protein, paha atas juga paling sedikit kandungan lemaknya.

Sementara bagian perut, kaki, iga dan jeroan kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terutama pada bagian jeroan kambing yang berpotensi mengundang berbagai masalah kesehatan.

Jeroan dari kambing seperti babat, usus, paru hingga limpa kambing memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Pasien dengan masalah kolesterol, darah tinggi dan asam urat sangat tidak disarankan mengonsumsi bagian jeroan ini.

Paha kambing juga memiliki tekstur yang empuk dan mudah diolah menjadi berbagai masakan. Bagian paha kambing cocok dimasak dengan cara dipanggang ataupun diolah menjadi gulai.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Sinead O’Connor: Alquran Menyentuh Hatiku
apahabar.com

Hikmah

Alasan Mengapa Doa Orang Tua untuk Anak Sangat Manjur
apahabar.com

Hikmah

12 Keistimewaan Salat Malam
apahabar.com

Hikmah

Tidur Tanda Kekuasaan Allah, Berikut Dalilnya dalam Alquran
apahabar.com

Hikmah

Cerita Kemurahan Hati Tuan Guru Nuzhan Dalam Pagar
apahabar.com

Hikmah

Berikut 3 Golongan yang Haram Menikmati Surga
apahabar.com

Hikmah

Percakapan Menarik Kakek Rasulullah SAW dan Abrahah yang Ingin Menghancurkan Kakbah
apahabar.com

Hikmah

Rasulullah Mengajurkan Makan Pakai Tangan, Ini Rahasianya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com