Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Paripurna DPRD Tanbu, Eksekutif Sampaikan Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi terhadap Raperda RPJMD 2021-2026

- Apahabar.com     Rabu, 14 Juli 2021 - 18:07 WITA

Paripurna DPRD Tanbu, Eksekutif Sampaikan Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi terhadap Raperda RPJMD 2021-2026

Paripurna DPRD Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna dalam rangka jawaban bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap raperda RPJMD tahun 2021-2026.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Agoes Rakhmady dan dihadiri Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka dan unsur forkopimda.

Terkait saran, tanggapan dan masukan yang telah disampaikan fraksi-fraksi, bupati sampaikan jawaban eksekutif melalui Sekda Ambo Sakka.

Ambo Sakka menyampaikan rancangan akhir RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021-2026 yang sudah disusun pada prinsipnya sudah mengakomodir seluruh visi misi dan janji politik kepala daerah terpilih.

Adapun sumber data yang disajikan pada dokumen RPJMD diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan seperti BPS dan SKPD teknis terkait, kemudian untuk proyeksi data dibantu oleh tenaga ahli sesuai bidang keahliannya.

Pada prinsipnya dokumen rancangan akhir RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021-2026 sudah selaras dengan RPJMN tahun 2020-2024.

Di samping itu pemerintah daerah akan menjamin adanya keterkaitan, konsistensi antara program pemerintah pusat dengan program yang sudah disusun dalam dokumen RPJMD, termasuk konsistensi antara perencanaan dan penganggaran.

Untuk pengembangan infrastruktur dasar, Pemkab Tanah Bumbu telah merencanakan dan melanjutkan pembangunan jalan serta infrastruktur lainnya sesuai dengan target yang tertuang dalam arah kebijakan pembangunan pada misi 2.

Selanjutnya strategi pemerintah daerah terhadap persoalan kemiskinan, gini rasio dan pemerataan insfrastruktur, di antaranya peningkatan jaminan sosial, pengendalian harga kebutuhan pokok, penyediaan rumah layak huni, peningkatan keterampilan masyarakat melalui balai latihan kerja, peningkatan mutu jaringan utilitas kawasan dan sistem jaringan transportasi.

Kemudian strategi pemerintah daerah dalam RPJMD untuk mendorong pemerataan infrastruktur daerah, khususnya kawasan pedesaan adalah melakukan penataan kawasan permukiman di wilayah perdesaan yang masih minim infrastruktur dan sarana prasarana yang layak.

Di antaranya melakukan pembangunan sistem infrastruktur desa yang terintegrasi dan pemenuhan hunian layak bagi masyarakat melalui program bedah rumah serta dalam pengembangan kawasan, pengembangan pedesaan menggunakan indikator indeks membangun desa.

Terkait dengan penyediaan lapangan kerja bagi putra-putri daerah pemerintah daerah akan melakukan peningkatan kompetensi melalui sarana prasarana formal dan non formal sesuai dengan kebutuhan pasar serta peningkatan jejaring ketenagakerjaan dengan merangkul berbagai perusahaan yang berkembang di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya untuk peningkatan kontribusi PAD setiap tahunnya, pemerintah daerah akan mengembangkan kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi baik objek maupun subjek penerimaan pajak dan retribusi daerah.

“Kita berharap semoga dengan upaya, kerja keras serta sinergitas yang terus kita bangun, kita mampu meraih cita-cita pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud,” pungkas Ambo Sakka.

DPRD Tanbu

Paripurna DPRD Tanah Bumbu. Foto-IstimewaDPRD Tanbu

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BPKAD

DPRD Kab Tanah Bumbu

Teknik Penghapusan Barang Milik Daerah, Komisi II DPRD Tanbu Raker dengan BPKAD

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bahas Gaji Dosen Poltek Batulicin, Gabungan Komisi Dewan Gelar RDP
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Pimpinan DPRD Tanbu Apresiasi Baksos ‘Polri Peduli Covid-19’
DPRD

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Gelar Paripurna Penyampaian RPJMD 2021-2026
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi

DPRD Kab Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanbu Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan
DPRD Tanbu

DPRD Kab Tanah Bumbu

Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Lahan, DPRD Tanbu Gelar Rapat Gabungan
Pangdam VI Mulawarwan

DPRD Kab Tanah Bumbu

Kesan yang Diharap Usai Kunjungan Pangdam VI Mulawarwan ke Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com