BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

Pembangunan Infrastruktur Program Kotaku di Sungai Tabuk Dimulai

- Apahabar.com     Kamis, 22 Juli 2021 - 18:43 WITA

Pembangunan Infrastruktur Program Kotaku di Sungai Tabuk Dimulai

Bupati Kabupaten Banjar, Saidi Mansyur letakkan batu pertama pembangunan infrastruktur program Kotaku di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kamis (22/7). Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pembangunan infrastruktur pada program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar sudah mulai dikerjakan.

Ditandai dengan petekan batu pertama oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Kamis (22/7).

Pembangunan yang telah dilaksanakan ini berupa pembangunan jalan lingkungan dan septic tank komunal regular.

Program ini dilakukan di Jalan Karya Tani RT 001 Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Saidi Mansyur mengatakan program tersebut merupakan langkah yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kawasan permukiman kumuh di Kabupaten Banjar.

Selain itu juga untuk mengintegrasi berbagai sumber daya dan sumber pendanaan yang ada.

“Termasuk dari pemerintah pusat, provinsi, kota dan kabupaten, swasta, maupun masyarakat yang secara bersama-sama berperan aktif dalam mendukung program Kotaku,” ujarnya kepada awak media.

Saidi mengatakan, dalam program Kotaku ini diperlukan komitmen bersama dalam penanganannya guna mewujudkan permukiman layak huni dan berkelanjutan, baik di lokasi pencegahan maupun di lokasi peningkatan.

“Penting sekali untuk menentukan langkah strategis dalam penanganan kumuh secara komprehensif dan kolaboratif baik dari segi pembiayaan maupun program,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Kalsel 1, Rifky Nizamy Karsayuda menambahkan, program Kotaku ini adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk percepatan penanganan permukiman kumuh di Indonesia.

Lebih lanjut, Rizky mengatakan, melalui program ini pemerintah gencar melakukan Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang layak.

“Saya turut mengapresiasi atas support dari Bupati dan Wakil Bupati Banjar atas terselenggaranya peletakan batu pertama di Kelurahan Sungai Lulut. Semoga dengan program Kotaku ini, tidak ada lagi lingkungan kumuh di perkotaan Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Dia menambahkan, program ini sepenuhnya akan melibatkan peran masyarakat.

“Anggaran juga sepenuhnya dikelola oleh masyarakat melalui Badan Keswadayaan Masyarakat,” imbuh dia.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Kalsel Dardjat Wijunarso, Koordinator kota KOTAKU 02 Kabupaten Banjar dan HSS, Forum Komunikasi antar LKM Kabupaten Banjar, Kadis PUPR Sholhan, pejabat kecamatan, kelurahan dan Forum RT setempat.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PPKM Level III

Pemkab Banjar

Dilema PPKM Level III, Kabupaten Banjar Kurang Ribuan Vaksin

Pemkab Banjar

Kunjungi Bupati Banjar, IJTI Kalsel Sampaikan Program Kerja
Guru Khalil

Pemkab Banjar

Mantan Bupati Banjar Guru Khalil Wafat, Bupati Saidi Ucapkan Duka Cita

Pemkab Banjar

Sekda Banjar: Kebocoran Pipa Air Masih Jadi Tantangan PDAM Intan

Pemkab Banjar

Sosok Guru Khalil di Mata Pejabat, Sering Nasihati Salat Tepat Waktu
Kapolres Cup Banjar

Pemkab Banjar

Lama Vakum, Turnamen Tenis Kapolres Cup Banjar Kembali Cari Juara
Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Banjar 2021, di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (14/6).  Foto-istimewa.

Pemkab Banjar

Serahkan Piala Juara Lomba Desa, Bupati Banjar Harap Selalu Berinovasi
apahabar.com

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Paparkan Dua Inovasi Unggulan di Ajang Kompetisi Pelayanan Publik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com