Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan

Pemkab Banjar Ingatkan Komitmen Perusahaan Tambang Tak Rusak Lingkungan

- Apahabar.com     Jumat, 23 Juli 2021 - 10:32 WITA

Pemkab Banjar Ingatkan Komitmen Perusahaan Tambang Tak Rusak Lingkungan

DLH Kabupaten Banjar menggelar Rakor pengendalian kerusakan lingkungan hidup, dengan mengundang puluhan perusahaan tambang dan stakeholder, di TreePark Hotel, Kamis (22/7). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar mewanti-wanti perusahaan tambang di Kabupaten Banjar agar tidak merusak lingkungan.

Untuk itu, puluhan perusahaan tambang di Kabupaten Banjar dan stake holder dikumpulkan, menggelar rapat koordinasi (rakor) pengendalian kerusakan lingkungan hidup, Kamis (22/7).

Para perusahaan tambang diingatkan agar melakukan operasional sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Banyak aspek yang mesti diperhatikan perusahaan tambang,” ujar Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakilkan Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikwansnyah dalam rakor tersebut.

“Mulai dari aspek legalitas lahan, aspek sosial masyarakat, ekonomi, hingga pengelolaan lingkungan yang baik,” sambungnya lagi.

Ikhwansyah melanjutkan, Pemkab Banjar telah memberikan fasilitas lahan untuk perusahaan tambang. “Namun kami juga meminta agar operasional dilakukan dengan mengindahkan kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Rakor yang juga diikuti oleh akademisi dan pemerhati lingkungan ini diharapkan dapat menyatukan kerangka pikir dan pemahaman terhadap bahaya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Juga meningkatkan kesadaran partisipasi komitmen dan sinergitas dalam pengendalian dampak lingkungan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, Mursal mengatakan tujuan mengundang para perusahaan tambang supaya mereka lebih berkomitmen dalam mengelola lingkungan hidup.

“Jika tidak dikelola dengan baik dan benar akan berpotensi merusak lingkungan. Kita ingin pengusaha tambang lebih berkomitmen lagi dalam mengelola lingkungan sesuai dengan kaidah good mining practice atau kaidah teknik pertambangan yang baik,” jelasnya.

Rakor tersebut juga dihadiri Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan DLH Provinsi Kalsel, Sutikno dan Profesor Dr Suhaili Asmawi sebagai narasumber.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Menteri Sandiaga Uno

Pemkab Banjar

Giliran Pedagang Divaksin, Bupati Banjar: Arahan Menteri Sandiaga Uno
Pelajar SMA di Martapura

Pemkab Banjar

Giliran Seribu Pelajar SMA di Martapura Disuntik Vaksin Program BIN
Pemkab Banjar

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Minta 10 Ribu Kouta Pelatihan Pengembangan SDM
apahabar.com

Pemkab Banjar

Siap-siap, Disperindag Banjar Gelar Lomba Produk Unggulan
Vaksinasi Covid-19

Pemkab Banjar

Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah

Pemkab Banjar

Puluhan Kader Pangan Posyandu Dibekali Ilmu Pemenuhan Gizi

Pemkab Banjar

Harjad 71 Kabupaten Banjar, Bupati Beri Penghargaan SKPD Berprestasi

Pemkab Banjar

Apkasi Dorong Para Guru Beradaptasi dengan Metode Pendidikan Era Digital
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com